Pemerintah Meksiko Selidiki Video Viral Konvoi Pasukan Kartel Narkoba

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 12:46 WIB
Mexican President Andres Manuel Lopez Obrador gestures as he speaks during a press conference at the Palacio Nacional in Mexico City on July 10, 2019. - Arturo Herrera replaced Carlos Urzua as Mexican Secretary of Finance, after he resigned on July 9, 2019 citing discrepancies with Lopez Obradors government. (Photo by ALFREDO ESTRELLA / AFP)
Foto: Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador (ALFREDO ESTRELLA/AFP)
Meksiko -

Beredar sebuah video yang memperlihatkan puluhan pria bersenjata dan berseragam berpose dengan senjata militer dan truk pickup lapis baja. Beberapa dengan gambar inisial kartel narkoba Meksiko, Jalisco. Pejabat tinggi keamanan Meksiko sedang menyelidiki video tersebut.

Seperti dilansir dari The Associated Press (AP), Sabtu (18/7/2020) dalam konvoi tersebut, banyak truk berjejer, sekitar 20 kendaraan yang diparkir di jalan dengan menara meriam atau baju besi baja pelat. Video itu diposting di media sosial Kamis (16/7).

Puluhan pria bertopeng terdengar berteriak bahwa mereka adalah "orang-orang Mencho," nama panggilan yang digunakan oleh bos Kartel Generasi Baru Jalisco, Nemesio Oseguera. Hampir semua pria mengenakan rompi anti peluru dan menggunakan senapan serbu, dan beberapa tampaknya memiliki senapan mesin atau senapan sniper kaliber 50.

Pejabat keamanan top Meksiko mengatakan bahwa video tersebut sedang dianalisis untuk mengkonfirmasi apakah video itu asli dan kapan dibuatnya.



Namun Menteri Keamanan dan Perlindungan Sipil Alfonso Durazo menulis di akun Twitter-nya bahwa "tidak ada kelompok kriminal yang memiliki kapasitas untuk berhasil menentang pasukan keamanan federal, dan apalagi dengan peristiwa yang dipentaskan ini."

Tonton video 'Ngeri! Biji Kopi di Italia Berisi Narkoba':

Selanjutnya
Halaman
1 2