Kebakaran di Katedral Nantes Perancis, 1 Pegawai Gereja Diperiksa

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 17:56 WIB
Katedral Bersejarah di Prancis Terbakar
Katedral Nantes di Perancis terbakar (Foto: Associated Press)
Paris -

Kebakaran melanda Katedral Nantes atau Katedral St Peter dan St Paul di Nantes, Perancis. Penyelidik Perancis pun telah memeriksa 1 pegawai gereja bersejarah itu.

"Pria itu bertanggung jawab untuk mengunci katedral pada Jumat malam dan penyelidik ingin mengklarifikasi unsur-unsur dari jadwal kegiatan orang ini," kata jaksa Pierre Sennes, dilansir dari AFP, Minggu (19/7/2020).

Kendati demikian, Sennes menegaskan pemeriksaan ini merupakan prosedur normal. Dia menekankan masih terlalu dini untuk menyimpulkan soal keterlibatan lelaki itu dalam insiden kebakaran di gereja yang dibangun pada abad ke-15 itu.

Sebelumnya, kebakaran melanda 3 tempat di Katedral Nantes pada Sabtu pagi (18/7). Sekitar 100 petugas pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk menyelamatkan katedral bergaya gotik tersebut.

Bangunan Katedral Nantes sebelumnya juga pernah terbakar pada tahun 1972. Kala itu, membutuhkan waktu 13 tahun untuk merenovasi gereja bersejarah itu.

Kepala pemadam kebakaran regional Laurent Ferlay mengatakan bahwa kerusakan yang dialami Katedral Nantes tidak sebanding dengan kebakaran tahun 1972, atau kebakaran hebat tahun lalu di Katedral Notre-Dame di Paris.

Sebagian besar atap Notre-Dame dan struktur kayunya hancur, menara gereja runtuh dan asap yang mengandung timah cair beracun mengepul ke udara.

(mae/imk)