Gedung Putih Tegur Penasihat Trump yang Kritik Pakar Kesehatan Top

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 16:07 WIB
White House trade adviser Peter Navarro enters the West Wing shortly before Mexican President Andres Manuel Lopez Obrador arrives to meet with President Donald Trump at the White House in Washington, Wednesday, July 8, 2020. (AP Photo/Patrick Semansky)
Peter Navarro (AP Photo/Patrick Semansky)
Washington DC -

Gedung Putih berupaya menjauhkan diri dari komentar penasihat kepresidenan Amerika Serikat (AS), Peter Navarro, yang mengkritik pakar penyakit menular terkemuka AS, Anthony Fauci. Presiden Donald Trump bahkan menyebut kritikan Navarro itu mewakili dirinya sendiri.

Seperti dilansir Xinhua News Agency, Kamis (16/7/2020), dalam tulisan opini yang dimuat surat kabar USA Today pada Selasa (14/7) waktu setempat, Navarro yang merupakan penasihat perdagangan Gedung Putih melontarkan kritikan pedas terhadap Fauci soal cara penanganan pandemi virus Corona (COVID-19).

Fauci diketahui menjabat Direktur Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular (NIAID), juga merupakan anggota penting Satuan Tugas Virus Corona Gedung Putih. Dalam tulisannya, Navarro menyebut Fauci 'salah tentang semuanya yang pernah saya bahas dengannya'.

"Jadi ketika Anda bertanya kepada saya apakah saya mendengarkan saran Dr Fauci, jawaban saya adalah: hanya dengan skeptisme dan kehati-hatian," tulis Navarro dalam tulisan opininya tersebut.

Pada Rabu (15/7) waktu setempat, Gedung Putih menyebut tulisan Navarro itu tidak melalui proses pemeriksaan oleh pejabat komunikasi pada pemerintahan Trump sebelum dipublikasikan oleh USA Today.

"Tulisan opini Peter Navarro tidak melalui proses pemeriksaan Gedung Putih yang biasa dilakukan dan merupakan opini dari Peter sendiri," ujar Direktur Komunikasi Strategis pada Gedung Putih, Alyssa Farah, dalam pernyataan via Twitter.

Ditegaskan Farah bahwa Trump 'menghargai keahlian para profesional medis yang memberikan saran kepada pemerintahannya'.

Dalam pernyataan terpisah sebelum terbang ke Georgia dari Gedung Putih, Trump menyampaikan ketidakpuasan pada tulisan opini Navarro. Ditegaskan Trump bahwa Navarro 'memberikan pernyataan yang mewakili dirinya sendiri'.

"Dia (Navarro-red) tidak seharusnya melakukan itu," ucapnya. "Kita semua ada dalam tim yang sama, termasuk Dr Fauci," tegas Trump.

Sementara itu, menanggapi kritikan Navarro, Fauci hanya menjawab: "Saya tidak bisa menjelaskan Peter Navarro. Dia ada di dunianya sendiri. Jadi saya bahkan tidak ingin pergi ke sana."

Tonton video 'Trump Klaim Selamatkan Banyak Nyawa Warga Amerika Serikat':

(nvc/ita)