International Updates

Masuk Mekah Tanpa Izin Kena Denda, Acara Pemakaman Wali Kota Seoul Diprotes

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 17:42 WIB
Muslim worshippers wear masks after the noon prayers outside the Grand Mosque, in the Muslim holy city of Mecca, Saudi Arabia, Saturday, March 7, 2020. Few worshippers were allowed to circumambulate the Kaaba, the cubic building at the Grand Mosque, over fears of the new coronavirus. (AP Photo/Amr Nabil)
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan akan mengenakan denda 10.000 riyal Saudi (sekitar Rp 38 juta) untuk pendatang ilegal yang memasuki kota suci Mekah. Aturan ini diberlakukan selama musim haji mendatang yang diselenggarakan secara terbatas di tengah wabah Corona.

Seperti dilansir dari kantor berita Al Arabiya, Minggu (12/7/2020) Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Saudi mengatakan denda itu akan mulai berlaku mulai 19 Juli (28 Dhul Qadah) hingga 2 Agustus (12 Dhul Hijjah).

Denda akan berlipat ganda menjadi 20.000 riyal Saudi (US$ 5.332) untuk pelanggar yang mengulangi lagi pelanggarannya.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (13/7/2020):

- Tewas Bunuh Diri, Acara Pemakaman Wali Kota Seoul Diprotes

Upacara pemakaman Wali Kota Seoul, Korea Selatan Park Won-soon, yang bunuh diri setelah dituduh melakukan pelecehan seksual, digelar pada Senin waktu (13/7/2020) setempat. Namun, ada petisi yang menentang acara pemakaman yang dikelola pemerintah Kota itu.

Seperti dilansir dari AFP, Senin (13/7) Park adalah mantan pengacara hak asasi manusia (HAM) sekaligus tokoh penting di partai Demokrat yang berkuasa di Korea Selatan selama hampir satu dekade.

Park ditemukan tewas di pegunungan Jumat (10/7), sehari setelah mantan sekretarisnya mengajukan pengaduan polisi terhadapnya atas dugaan pelecehan seksual.

Terlepas dari kontroversi atas kematiannya, pemerintah Kota Seoul menyelenggarakan acara upacara pemakaman selama lima hari untuk Park - dua hari lebih lama dari ritual normal Korea, yang dimulai pada hari kematian - dan mendirikan sebuah altar peringatan di luar City Hall.

- Virus Corona Mengganas, Masih Banyak Warga Inggris Tak Mau Pakai Masker

Masih banyak warga Inggris yang enggan memakai masker ketika berkegiatan di luar rumah. Padahal, penyebaran virus Corona di negara itu masih terus mengganas.

Seperti dilansir dari CNN, Minggu (12/7/2020) pemandangan warga yang tak memakai masker itu tampak di kawasan pertokoan hingga stasiun kereta bawah tanah Inggris. Bahkan, ketika pub telah dibuka kembali, masih ada warga yang enggan memakai masker.

Padahal, Inggris menjadi salah satu negara yang paling terpukul di dunia oleh virus Corona - berada di urutan ketiga setelah Brasil dan Amerika Serikat - dengan hampir 45.000 kematian.

- Rekor Baru, WHO Catat 230 Ribu Kasus Corona di Dunia dalam Sehari

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan rekor baru untuk tambahan kasus virus Corona (COVID-19) secara global dalam sehari. Lebih dari 230 ribu kasus Corona tercatat dalam sehari secara global.

Selanjutnya
Halaman
1 2