Trump Sebut Hubungan AS-China Rusak Parah Gegara Pandemi Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 10:44 WIB
Presiden Trump Larang Kunjungan dari Brasil Selain Warga AS
Presiden AS Donald Trump (Foto: DW (News))
Washington -

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebut hubungan AS dengan China rusak parah akibat penanganan China atas wabah virus Corona. Trump pun mengatakan bahwa dirinya tidak memikirkan kemungkinan tahap selanjutnya dari kesepakatan perdagangan AS dengan China.

"Mereka seharusnya bisa menghentikan wabah. Mereka bisa menghentikannya. Tapi mereka tidak menghentikannya," kata Trump di atas pesawat kepresidenan Air Force One dalam perjalanan ke Florida, menurut para wartawan yang hadir di pesawat, seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (11/7/2020).

Saat ditanya apakah dengan memburuknya hubungan berarti "fase dua" dari kesepakatan perdagangan AS-China tidak akan terjadi lagi, Trump mengatakan bahwa dia bahkan tidak memikirkannya dan bahwa ada banyak hal lain di benaknya.

Virus Corona yang pertama kali dilaporkan di kota Wuhan, China telah menyebar ke seluruh dunia dan berdampak buruk pada kesehatan dan ekonomi Amerika Serikat. Lebih dari 3 juta kasus dan setidaknya 133.291 kematian akibat COVID-19 telah dilaporkan di AS, menurut data dari Johns Hopkins University.

Tonton juga 'China Bikin Karikatur Donald Trump Bawa AS Mundur dari WHO':

[Gambas:Video 20detik]

Trump mengatakan pada bulan Mei bahwa ia "sangat terpukul" tentang apakah akan membatalkan fase pertama perjanjian dengan Beijing, sementara para pejabat di pemerintahannya telah meyakinkan bahwa kedua negara masih diharapkan untuk menghormati kesepakatan itu.
Fase satu dari kesepakatan itu tercapai menyusul perang dagang yang berkepanjangan dengan China.

(ita/ita)