Trump Komentari Pencalonan Kanye West Jadi Presiden AS

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 13:04 WIB
Singer Kanye West and President-elect Donald Trump speak with the press after their meetings at Trump Tower December 13, 2016 in New York. (Photo by TIMOTHY A. CLARY / AFP)
Donald Trump dan Kanye West saat bertemu di Trump Tower tahun 2016 sesaat usai Trump menang pilpres (AFP/TIMOTHY A. CLARY)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengomentari pengumuman yang disampaikan rapper ternama AS, Kanye West, soal dirinya mencalonkan diri menjadi Presiden AS. Trump menyebut pencalonan West itu 'sangat menarik'.

Seperti dilansir AFP, Rabu (8/7/2020), West (43) diketahui pernah menyatakan dukungan untuk Trump di masa lalu dan pernah bertemu Trump di Gedung Putih tahun 2018 lalu. Dalam pengumumannya saat hari kemerdekaan AS pada 4 Juli lalu, West mengklaim dirinya akan maju menantang Trump.

Saat dimintai tanggapan soal klaim itu oleh wartawan di Gedung Putih, Trump menjawab: "Dia mungkin saja."

"Ini sangat menarik," ucap Trump dalam tanggapannya soal pengumuman West mencalonkan diri jadi Presiden AS.

Namun lebih lanjut, Trump menyebut West mungkin sedikit terlambat untuk mencalonkan diri untuk pemilihan presiden (pilpres) tahun 2020 ini. Trump menyebut kesempatan West untuk mencalonkan diri telah tertutup karena tahapan kampanye telah dimulai sejak awal tahun ini.

Diketahui bahwa pengumuman soal pencalonan diri West baru disampaikan empat bulan menjelang pilpres AS yang akan digelar pada 3 November mendatang. Tidak hanya itu, Trump juga menyebut West kurang infrastruktur untuk maju mencapreskan diri.

"Itu akan terbatas pada negara bagian tertentu karena di beberapa negara bagian batas waktunya telah terlewati," ujar Trump.

"Jika dia melakukannya, dia harus melihat ini sebagai uji coba untuk apa yang terjadi dalam empat tahun," imbuhnya.

Dalam pengumuman via Twitter pada Sabtu (4/7) lalu, West menyatakan dirinya mengincar jabatan tertinggi AS. Pengumuman itu telah di-retweet setengah juta kali dan mendapat 1 juta like di Twitter. "Kita sekarang harus menyadari janji Amerika dengan mempercayai Tuhan, menyatukan visi kita dan membangun masa depan kita. Saya mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat," tulis West dalam cuitannya, sembari menyertakan emoji bendera AS dan tagar '2020Vision'.

Selain pengumuman itu, West sama sekali tidak menjelaskan lebih detail soal kampanye maupun strateginya menuju Gedung Putih.

(nvc/rdp)