International Updates

China Serukan AS Hentikan Manuver Politik, Presiden Brasil Dites Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 18:25 WIB
Hubungan Presiden AS Donald Trump-Presiden China Xi Jinping memanas. Keretakan hubungan diplomasi itu karena Trump kecewa dengan China terkait virus Corona.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Pemerintah China menyerukan Amerika Serikat (AS) untuk berhenti melakukan manuver politik terkait virus Corona (COVID-19). AS diminta untuk menghormati fakta-fakta yang ada soal virus yang pertama muncul di Wuhan, China dan kini merajalela secara global tersebut.

Seperti dilansir Xinhua News Agency, Selasa (7/7/2020), juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, menyampaikan seruan itu dalam konferensi pers di Beijing.

Zhao menepis tuduhan politikus AS yang menyebut China tidak pernah melaporkan wabah virus Corona kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), usai laporan terbaru yang dirilis WHO soal kronologi respons Corona. Ditegaskan Zhao bahwa tuduhan AS sepenuhnya bertentangan dengan fakta-fakta yang ada soal virus Corona.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (7/7/2020):

- TikTok Akan Setop Operasi di Hong Kong

TikTok akan menghentikan operasinya di Hong Kong. Penghentian operasi aplikasi berbagi potongan video populer itu disebut karena "peristiwa baru-baru ini."

Seperti dilansir AFP, Selasa (7/7/2020) pengumuman itu disampaikan pada Senin (6/7) malam waktu setempat. Langkah TikTok, yang dimiliki oleh ByteDance yang berbasis di China, dilakukan ketika Facebook, Google dan Twitter menangguhkan pemrosesan permintaan dari pemerintah Hong Kong atau kepolisian untuk mendapatkan informasi data pengguna, setelah China memberlakukan Undang-Undang Keamanan Nasional yang baru.

"Sehubungan dengan peristiwa baru-baru ini, kami telah memutuskan untuk menghentikan operasi aplikasi TikTok di Hong Kong," kata TikTok kepada AFP.

- Presiden Brasil Dites Corona Setelah Alami Gejala Demam

Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang telah lama meremehkan risiko yang yang ditimbulkan oleh virus Corona, mengatakan bahwa dirinya telah dites setelah menunjukkan gejala-gejala termasuk demam.

Bolsonaro mengatakan kepada CNN Brazil seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (7/7/2020), bahwa ia menjalani rontgen paru-paru di rumah sakit militer sebagai tindakan pencegahan, dan bahwa hasil tes virus Corona akan keluar pada hari Selasa (7/7) waktu setempat.

Sejak awal wabah virus Corona, Bolsonaro telah meminimalkan risiko dari apa yang awalnya ia sebut "flu kecil" dan melanggar aturan jarak sosial dan langkah-langkah pembatasan, seperti mengenakan masker di depan umum.

- China Serukan AS Hentikan Manuver Politik Terkait Virus Corona

Pemerintah China menyerukan Amerika Serikat (AS) untuk berhenti melakukan manuver politik terkait virus Corona (COVID-19). AS diminta untuk menghormati fakta-fakta yang ada soal virus yang pertama muncul di Wuhan, China dan kini merajalela secara global tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2