Australia Ingatkan Kemungkinan Warganya Bisa Ditangkap di China

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 18:04 WIB
bendera Australia
Foto: Bendera Australia (dok. istimewa)
Canberra -

Ketegangan antara China dan Australia masih berlanjut. Kini, Australia memperingatkan warganya bahwa mereka dapat menghadapi "penahanan sewenang-wenang" jika bepergian ke China.

Seperti dilansir dari AFP, Selasa (7/7/2020) Kementerian Luar Negeri Australia mengeluarkan peringatan itu dalam saran perjalanan (travel advice) yang diperbarui, yang juga mencatat bahwa pihak berwenang China telah menahan orang-orang asing karena diduga "membahayakan keamanan nasional".

Australia telah mengatakan kepada warganya agar menghindari semua perjalanan internasional karena pandemi Corona, dan saran yang diperbarui itu tidak menaikkan tingkat keseluruhan peringatan terhadap perjalanan ke China.

"Pihak berwenang telah menahan orang-orang asing karena mereka 'membahayakan keamanan nasional'. Warga Australia mungkin juga berisiko ditahan secara sewenang-wenang," demikian peringatan terbaru yang dirilis pada Selasa (7/7).

Peringatan itu datang beberapa hari setelah Kementerian Luar Negeri memperingatkan warga Australia tentang kemungkinan melanggar Undang-undang Keamanan baru yang diberlakukan oleh China di Hong Kong.

Selanjutnya
Halaman
1 2