WHO Tinjau Laporan Pedoman tentang Penyebaran Virus Corona melalui Udara

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 04:55 WIB
3D Flag of the World Health Organization. Close Up.
Ilustrasi lambang WHO (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meninjau laporan yang mendesaknya untuk memperbarui pedoman terkait penyebaran baru virus corona.Lebih dari 200 ilmuwan mengirim surat kepada WHO dan menguraikan bukti bahwa virus itu dapat menyebar dalam partikel-partikel kecil di udara.

WHO mengatakan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, menyebar terutama melalui tetesan kecil yang dikeluarkan dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi yang dengan cepat tenggelam ke tanah.

Tetapi dalam sebuah surat terbuka kepada badan yang bermarkas di Jenewa ini, yang diterbitkan pada hari Senin dalam jurnal Clinical Infectious Diseases, 239 ilmuwan di 32 negara menguraikan bukti, mereka mengatakan menunjukkan partikel virus yang mengambang dapat menginfeksi orang yang menghirupnya.

Karena partikel-partikel yang lebih kecil itu dapat berlama-lama di udara, para ilmuwan mendesak WHO untuk memperbarui panduannya.

"Kami mengetahui artikel itu dan sedang meninjau isinya dengan para pakar teknis kami," kata juru bicara WHO, Tarik Jasarevic, seperti dilansir reuters, Selasa (7/7/2020).

Seberapa sering virus corona dapat menyebar melalui jalur udara atau aerosol - berbeda dengan tetesan yang lebih besar pada batuk dan bersin. Setiap perubahan dalam penilaian WHO terhadap risiko penularan dapat mepengaruhi sarannya saat ini untuk menjaga jarak 1 meter (3,3 kaki) dari jarak fisik.

Selanjutnya
Halaman
1 2