Israel Serang Balik Hamas di Jalur Gaza Usai Serangan Roket

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 10:20 WIB
Israel diketahui melakukan serangan udara ke kawasan Kota Gaza. Serangan itu disebut menargetkan beberapa situs militer Hamas. Berikut potretnya.
Foto: Jalur Gaza (AP Photo/Adel Hana)
Tel Aviv -

Pesawat Israel menyerang lokasi Hamas di Jalur Gaza pada Minggu (5/7/2020) malam waktu setempat. Menurut sumber keamanan Palestina, serangan itu muncul usai Israel melaporkan tiga roket ditembakkan ke wilayahnya. Serangan ini lanjutan dari sengketa aneksasi Tepi Barat.

Seperti dilansir AFP, Senin (6/7) militer Israel mengatakan bahwa pesawatnya menyerang "infrastruktur bawah tanah milik organisasi teror Hamas" dalam menanggapi tembakan roket.

"Sebelumnya malam ini, tiga roket ditembakkan dari Jalur Gaza ke Israel," kata sumber itu dalam pernyataan berbahasa Inggris, Senin (6/7).

"Sebagai tanggapan ... helikopter serang dan jet tempur menargetkan sasaran teror Hamas," lanjutnya. Tidak ada laporan tentang korban dari kedua pihak.

Pernyataan militer sebelumnya tidak memberikan indikasi di mana dua roket pertama jatuh, tetapi media Israel mengatakan bahwa roket-roket itu mencapai tanah terbuka.

Militer Israel mengatakan bahwa sistem pertahanan rudal Iron Dome mencegat roket ketiga. Tidak ada klaim segera atas tanggung jawab atas peluncuran roket dari jalur yang dijalankan Hamas.

Organisasi Islam itu memperingatkan Israel pada akhir Juni bahwa rencana pencaplokan sebagian Tepi Barat yang didudukinya sama dengan "deklarasi perang". Dua roket ditembakkan keesokan harinya ke Israel dari Gaza, memicu serangan udara Israel terhadap instalasi Hamas di kantong Palestina.

Pada 1 Juli, Hamas melepaskan satu tembakan roket ke laut sebagai peringatan kepada Israel untuk tidak melanjutkan pencaplokan, kata sumber-sumber di organisasi Islam itu kepada AFP.

tonton video 'PBB Protes Keras Israel Caplok Tepi Barat Palestina':

Selanjutnya
Halaman
1 2