Total Kasus Corona di Arab Saudi Lampaui 200 Ribu

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 08:39 WIB
Muslim worshippers wear masks after the noon prayers outside the Grand Mosque, in the Muslim holy city of Mecca, Saudi Arabia, Saturday, March 7, 2020. Few worshippers were allowed to circumambulate the Kaaba, the cubic building at the Grand Mosque, over fears of the new coronavirus. (AP Photo/Amr Nabil)
Ilustrasi (AP Photo/Amr Nabil)
Riyadh -

Total kasus virus Corona (COVID-19) di Arab Saudi telah melampaui angka 200 ribu kasus. Kenaikan jumlah kasus ini diumumkan beberapa pekan sebelum dimulainya ibadah haji tahun ini, yang digelar secara terbatas akibat pandemi Corona.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (4/7/2020), Kementerian Kesehatan Saudi melaporkan 4.193 kasus baru Corona sepanjang Jumat (3/7) waktu setempat. Dengan demikian, sebut Kementerian Kesehatan Saudi, total 201.801 kasus Corona kini terkonfirmasi di wilayah Saudi.

Total kematian akibat virus Corona di Saudi dilaporkan mencapai 1.802 orang.

Lebih dari 140 ribu pasien di Saudi telah dinyatakan sembuh dari virus Corona.

Di tengah pembatasan ketat yang masih diberlakukan untuk membatasi penyebaran virus Corona, Kerajaan Saudi akan mengizinkan hanya sekitar 1.000 jemaah yang sudah hadir di wilayahnya untuk ikut dalam ibadah haji yang dimulai akhir bulan ini.

Tahun 2019 lalu, ibadah haji diikuti oleh lebih dari 2,5 juta jemaah dari berbagai negara.

Ibadah haji tahun ini digelar di bawah protokol higienis yang ketat, dengan akses hanya dibatasi untuk jemaah di bawah 65 tahun dan yang tidak memiliki riwayat penyakit kronis. Para jemaah haji akan diperiksa setibanya di kota suci Mekah.

Kemudian setelah menjalani ritual ibadah haji, para jemaah akan menjalani karantina di rumah atau tempat tinggal masing-masing.

Otoritas Saudi melihat kenaikan cukup signifikan untuk total kasus positif dan kematian akibat Corona di wilayahnya, sejak pembatasan pergerakan dilonggarkan pada akhir Mei lalu. Sejauh ini, Saudi belum membuka kembali penerbangan internasional yang ditutup imbas Corona.

Tonton juga 'WHO Dukung Kebijakan Saudi Buka Ibadah Haji 2020':

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/rfs)