Virus Corona Kian Merajalela, Trump Didesak untuk Pakai Masker

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 10:46 WIB
President Donald Trump returns to the White House after visiting outside St. Johns Church, Monday, June 1, 2020, in Washington. Part of the church was set on fire during protests on Sunday night. (AP Photo/Patrick Semansky)
Donald Trump (AP Photo/Patrick Semansky)

Namun banyak politikus Partai Republik yang biasanya enggan mengkritik Trump, kini lebih keras menyerukan pemakaian masker di tengah pandemi Corona. Beberapa politikus bahkan mendorong agar Trump memberikan contoh yang lebih jelas.

"Jika memakai masker penting, dan seluruh pakar kesehatan memberitahu kita demikian ... itu akan membantu jika dari waktu ke waktu, presiden memakainya (masker) untuk membantu kita mengenyahkan perdebatan politik yang menyatakan bahwa jika Anda mendukung Trump, Anda tidak memakai masker, jika Anda menentang Trump, Anda memakainya," ucap Senator Republikan, Lamar Alexander, kepada CNN.

Diketahui bahwa di beberapa wilayah AS, pemakaian masker menjadi isu perdebatan politik bukannya menjadi pilihan terkait kesehatan.

Wakil Presiden AS, Mike Pence, beberapa kali terlihat memakai masker di tempat umum, namun dia tidak pernah menyerukan publik untuk memakai masker. Saat ditanya mengapa pemerintah AS tidak mendorong lebih keras soal pemakaian masker, Pence menyatakan bahwa 'setiap negara bagian memiliki situasi unik' dan bahwa 'kami ingin menyerahkan kepada gubernur' untuk memutuskan aturan di negara bagian mereka.

Beberapa politikus Partai Demokrat menginginkan Trump tidak hanya memberi contoh, tapi juga mewajibkan pemakaian masker secara nasional. Bahkan kandidat capres AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, menyatakan dirinya akan mewajibkan pemakaian masker di tempat umum.

Saat ditanya oleh media AS, ABC, apakah dirinya setuju dengan langkah itu, Ketua House of Representatives (HOR) atau DPR AS, Nancy Pelosi, menyebutnya sebagai langkah yang 'sudah lama tertunda'.

"Kita memiliki catatan terburuk dibanding negara lain di dunia ini. Dan presiden mengatakan kita membuat kemajuan. Presiden seharusnya menjadi contoh. Pria sejati memakai masker. Jadilah contoh bagi negara dan pakai masker," tandasnya.


(nvc/ita)