Sekjen PBB Minta Dunia Perkuat Kerja Sama Multilateral Atasi Pandemi Corona

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 04:43 WIB
Sekjen PBB Antonio Guterres
Foto: Sekjen PBB Antonio Guterres (Dok. Anadolu Agency)

Di antara orang-orang di banyak negara, respons terhadap pandemi telah mengikis kepercayaan mereka pada lembaga dunia dan lembaga politik, kata Guterres. Pandemi tersebut telah memunculkan ketidaksetaraan yang parah dan sistemik dan para pemimpin dunia perlu mengakui nilai kerja sama global untuk mengatasi krisis ini dan lainnya, krisis yang tidak dapat diprediksi, katanya.

"Ketika kita menandai Hari Piagam dan melihat ke depan, kita harus membayangkan kembali cara negara bekerja sama," ucap Guterres.

"Kita perlu membangun kembali dengan lebih baik dengan masyarakat dan ekonomi yang lebih berkelanjutan, inklusif, setara gender," tambahnya.

Prioritas di tengah pandemi COVID-19 menurutnya adalah memastikan akses universal ke layanan kesehatan, memperketat ikatan antara manusia dan negara, dan memikirkan kembali ekonomi global untuk mengurangi ketidaksetaraan.

Guterres mengatakan dia berharap bahwa lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB yakni Amerika Serikat, Cina, Rusia, Prancis dan Inggris dapat bertemu pada bulan September untuk meredakan konflik.

"Tidak ada yang menggantikan kontak pribadi, diplomasi pribadi...yang dapat menghasilkan empati, konsensus, perasaan bersama untuk bekerja bersama," kata Guterres.

Halaman

(rfs/rfs)