Pemerintah AS Berikan Peringatan Dini Tsunami Terkait Gempa M 7,4 Meksiko

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 00:11 WIB
Warga di Kota Meksiko lari ke jalan saat terjadi gempa
Foto: Warga di Kota Meksiko lari ke jalan saat terjadi gempa (RODRIGO ARANGUA /AFP)
Meksiko -

Gempa magnitudo (M) 7,4 terjadi di Meksiko Selatan. Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk pantai Pasifik Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Disansir AFP, Selasa (23/6/2020) Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS mengatakan gelombang berbahaya setinggi 3 meter berpotensi terjadi. Potensi itu bisa terjadi dalam 1.000 kilometer dari pusat gempa.

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa terjadi pada Selasa (23/6) sekitar pukul 10.29 pagi waktu setempat. Gempa berpusat di negara pantai Pasifik Oaxaca.

Gempa ada pada kedalaman 16 mil (26 km). Pusat gempa berada 7 mil (12 km) selatan-barat daya Santa Maria Zapotitlan di negara bagian Oaxaca.

Dilansir Reuters, Presiden Meksiko, Andres Manuel Loper Obrador mengatakan belum ada laporan awal kerusakan akibat gempa. Dia mengatakan pihaknya masih menunggu laporan dari Oaxaca, pusat terjadinya gempa.

Laberto Ibanez, seorang fotografer di Kota Oaxaca, mengatakan kepada Reuters gempa itu menimbulkan keretakan di dinding apartemennya. Gempa juga menggoyangkan buku-buku dan pot di rak.

"Semua orang lari ke jalan, itu sangat kuat," kata Ibanez.

(lir/lir)