AS Bertekad Mencegah China dan Rusia Kuasai Ruang Angkasa

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 10:51 WIB
Peluncuran pesawat ruang angkasa China pada Selasa (5/5) lalu (AFP)
Foto: Peluncuran pesawat ruang angkasa China pada Selasa (5/5) lalu (AFP Photo)
Jakarta -

Amerika Serikat (AS) bertekad untuk mencegah China dan Rusia menguasai ruang angkasa. Bahkan, AS akan meminta bantuan sekutu.

Seperti dilansir AFP, Rabu (17/6/2020) keinginan AS itu tertuang dalam dokumen "Strategi Luar Angkasa Pertahanan" baru yang diluncurkan oleh Departemen Pertahanan AS atau Pentagon pada hari Rabu (17/6).

Dokumen strategi itu adalah yang pertama sejak Presiden AS Donald Trump mengumumkan pembentukan pasukan militer Ruang Angkasa baru pada bulan Desember 2019.

"China dan Rusia menghadirkan ancaman strategis terbesar karena pengembangan, pengujian, dan penyebaran kemampuan counterspace mereka," bunyi dokumen tersebut.

"China dan Rusia masing-masing telah mempersenjatai diri di ruang angkasa sebagai cara untuk mengurangi efektivitas militer AS dan sekutu dan menantang kebebasan kita untuk beroperasi di luar angkasa," lanjut dokumen itu.

Dokumen strategi Pentagon menekankan bahwa baik China dan Rusia memandang akses ke luar angkasa sebagai hal yang penting bagi strategi nasional dan militer.

Kedua negara, menurut dokumen itu, menganggap ruang angkasa penting untuk perang modern dan penggunaan senjata di luar angkasa sebagai cara signifikan untuk mengurangi efektivitas militer AS dan sekutunya dalam perang di masa depan.

Dokumen itu juga mengemukakan kemungkinan serangan nuklir di ruang angkasa. Meskipun tidak adanya atmosfer akan mencegah pembakaran, peledakan senjata nuklir akan menyebabkan muatan elektromagnetik yang kuat yang akan menghancurkan sirkuit listrik semua satelit di sekitarnya.

Sekutu intelijen terdekat Amerika Serikat, kelompok "Lima Mata" (Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris, dan AS), telah bekerja sama sejak 2014 dalam inisiatif Operasi Ruang Angkasa Terpadu. Prancis dan Jerman bergabung dengan mereka pada bulan Februari.

Selanjutnya
Halaman
1 2