Kedubes AS di Korea Selatan Turunkan Spanduk Black Lives Matter

ADVERTISEMENT

Kedubes AS di Korea Selatan Turunkan Spanduk Black Lives Matter

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 10:07 WIB
Spanduk Black Lives Matter dan LGBTQ sebelum diturunkan oleh Kedubes AS di Korea Selatan (AFP Photo)
Foto: Spanduk Black Lives Matter dan LGBTQ sebelum diturunkan oleh Kedubes AS di Korea Selatan (AFP Photo)

Kedutaan AS juga menurunkan bendera pelangi, simbol gerakan kesetaraan LGBTQ - beberapa jam sebelum keputusan Mahkamah Agung AS yang melarang diskriminasi terhadap pekerja berdasarkan orientasi seksual.

Pompeo diketahui sebagai seorang Kristen evangelis yang di masa lalu pernah mengatakan bahwa ia mendefinisikan pernikahan sebagai antara pria dan wanita. Dia pada tahun lalu membatasi pengibaran bendera pelangi, karena beberapa kedutaan telah melakukan setiap bulan Juni sebagai bulan kebanggaan, yang merayakan gerakan untuk kesetaraan LGBTQ.

Pompeo telah memerintahkan bahwa hanya bendera AS yang boleh berkibar di tiang bendera kedutaan. Bendera kebanggaan di Seoul ada di fasad bangunan dekat papan Black Lives Matter, bukan di tiang.

Trump dan Pompeo--keduanya mengutuk pembunuhan Floyd--berbicara secara umum tentang perlunya mereformasi penegakan hukum.

Sebelumnya pada tanggal 1 Juni, polisi federal melepaskan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa damai di luar Gedung Putih, sehingga Trump dapat berpose di depan sebuah gereja terdekat yang sempat jadi target vandalisme.


(rdp/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT