Malaysia Tahan 269 Pengungsi Rohingya, Temukan 1 Jasad di Kapal Rusak

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 12:57 WIB
Rohingya refugees cross the Naf River with an improvised raft to reach to Bangladesh in Teknaf, Bangladesh, November 12, 2017. Picture taken November 12, 2017. REUTERS/Mohammad Ponir Hossain
Ilustrasi (Reuters)
Kuala Lumpur -

Otoritas Malaysia menahan 269 pengungsi Rohingya yang menumpang sebuah kapal penyelundup yang sengaja dirusak agar tidak bisa dikembalikan ke lautan. Sesosok jenazah juga ditemukan di dalam kapal tersebut.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (9/6/2020), tidak diketahui pasti berapa lama dan dari mana para pengungsi Rohingya itu berlayar. Namun ratusan ribu pengungsi Rohingya diketahui telah kabur dari Myanmar karena adanya operasi militer dan kini tinggal berdesakan di kamp-kamp di Bangladesh.

Malaysia yang didominasi penduduk muslim, menjadi tujuan favorit dari kapal-kapal yang dikelola sindikat penyelundup, yang menjanjikan kehidupan lebih baik di luar negeri bagi para pengungsi Rohingya.

Para petugas kelautan Malaysia mencegat kapal pengungsi Rohingya itu pada Senin (8/6) waktu setempat, di dekat Pulau Langkawi. Disebutkan Satuan Tugas Nasional dalam pernyataannya bahwa 53 orang nekat melompat dari kapal ke lautan dan berupaya berenang ke pantai. Mereka berhasil ditangkap petugas.

Sebanyak 216 pengungsi lainnya ditahan di atas kapal. Sesosok jenazah wanita ditemukan di atas kapal.

Otoritas Malaysia berniat untuk mengembalikan kapal itu ke lautan, namun tidak bisa karena mesin kapal telah dirusak secara sengaja sehingga sulit diperbaiki.

Selanjutnya
Halaman
1 2