Rekor, Brasil Catat 26.417 Kasus Corona Sehari dan 1.000 Lebih Kematian

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 15:44 WIB
Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (26/05) mengatakan bahwa Benua Amerika kini dianggap sebagai pusat baru pandemi virus Corona.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Brasil mencatat rekor baru dalam jumlah kasus baru infeksi virus Corona dalam sehari. Dalam waktu 24 jam terakhir, negeri itu juga mencatat lebih dari 1.000 kematian terkait COVID-19.

Menurut data resmi Kementerian Kesehatan Brasil seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (29/5/2020), negara Amerika Selatan itu mencatat rekor 26.417 kasus baru dalam waktu 24 jam terakhir. Dengan demikian, hingga Kamis (28/5) waktu setempat, jumlah total kasus Corona di Brasil mencapai 438.238 kasus, atau terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Dalam kurun waktu 24 jam terakhir, Brasil juga mencatat 1.156 kematian terkait virus Corona. Dengan demikian, sejauh ini negeri itu telah mencatat 26.754 kematian terkait Corona. Brasil kini mencatat jumlah kematian Corona terbanyak keenam di dunia.

Sejumlah pakar kesehatan meyakini bahwa jumlah kasus infeksi Corona yang sebenarnya bisa 15 kali lebih tinggi dari angka resmi yang disampaikan pemerintah Brasil. Ini dikarenakan tak ada tes Corona besar-besaran di negeri itu.

Virus Corona menyebar tak terkendali di negeri itu seiring perbedaan pendapat antara pemerintah pusat dan otoritas lokal terkait kebijakan kesehatan untuk meredam Corona.

Sebagian besar negara bagian di Brasil telah menerapkan lockdown (penguncian), namun Presiden Jair Bolsonaro bersikeras agar lockdown diakhiri dan perekonomian dibuka kembali secepatnya.

Tonton juga video 'Tak Ada Ventilator, Angka Kematian di Brazil Meningkat Drastis':

(ita/ita)