Jepang Siap Cabut Status Darurat Nasional Corona Secara Bertahap

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 12:02 WIB
Jepang akan cabut darurat nasional Corona (AFP Photo)
Foto: Jepang akan cabut darurat nasional Corona (AFP Photo)
Tokyo -

Jepang siap mencabut status darurat nasional virus Corona (COVID-19) pada hari Senin (25/5/2020). Status darurat akan dicabut secara bertahap usai pergerakan kasus Corona baru melambat.

Seperti dilansir AFP, Senin (25/5) dibandingkan dengan Eropa, Amerika Serikat, Rusia dan Brasil, Jepang telah terhindar dari pandemi terburuk ini. Yakni dengan total 16.581 kasus Corona dan 830 kematian.

Namun dengan infeksi yang mengancam akan kehabisan kendali, Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan keadaan darurat awal bagi Tokyo dan enam wilayah lainnya pada 7 April - yang kemudian meluas untuk mencakup seluruh negara.

Bisnis dan sekolah didesak untuk ditutup dan orang-orang diminta untuk tetap di rumah. Tetapi "lockdown" Jepang jauh lebih lunak daripada di bagian lain dunia dan tidak ada hukuman bagi siapa pun yang melanggar aturan.

Warga sebagian besar tetap mengindahkan perintah itu. Sebagian besar jalan-jalan terkenal di Tokyo menjadi sepi, dan jumlah infeksi baru telah turun dari puncaknya sekitar 700 per hari menjadi hanya beberapa lusin secara nasional.

Terpukul Virus Corona, Ekonomi Jepang Menuju Jurang Resesi:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2