2 WNI di Kamboja Berbagi Kiat Penting untuk Sembuh dari Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 13:43 WIB
Penanganan Corona di Kamboja (Dok. KBRI Phnom Penh)
Foto: Penanganan Corona di Kamboja (Dok. KBRI Phnom Penh)

Dokter Kros Sarath, Director of the Siem Reap Health Department yang juga merupakan dokter yang menangani langsung perawatan kedua WNI bersama tim medis sekitar 7 orang, selalu memberikan informasi perkembangan kedua WNI kepada KBRI Phnom Penh.

Sementara itu, Duta Besar (Dubes) RI untuk Kamboja, Sudirman Haseng mengatakan bahwa pihaknya rutin memantau perkembangan keduanya. Dia juga mengimbau WNI di Kamboja agar selalu menjaga kebersihan diri dan kesehatan.

"Sejak kedua WNI dalam perawatan, KBRI Phnom Penh senantiasa memonitor perkembangan mereka, dan juga terus mengimbau WNI di Kamboja agar dapat menjaga kebersihan diri dan kesehatan masing-masing", kata Dubes Sudirman Haseng.

Untuk diketahui, kedua WNI ini berdomisili di Poipet, Kamboja sejak tahun 2014. Mereka dinyatakan sembuh oleh Kementerian Kesehatan Kamboja pada 14 April 2020, setelah menjalani perawatan di Siem Reap Provincial Referral Hospital sejak 23 Maret 2020 hingga 13 April 2020.

Mereka dinyatakan positif COVID-19 pada 26 Maret 2020 berdasarkan hasil tes dari Siem Reap Provincial Referral Hospital dan langsung ditempatkan di ruang karantina yang dipisahkan dari pasien lainnya. Saat itu, ada 5 pasien positif COVID-19 yang sedang menjalani perawatan di salah satu Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Kamboja tersebut.

Hingga 20 April 2020 pukul 09.30 waktu setempat, Pemerintah Kamboja melalui laman Kementerian Kesehatan telah mengkonfirmasi 122 kasus positif COVID-19. Tercatat sebanyak 107 pasien telah sembuh, 15 pasien dirawat dan tidak ada pasien yang meninggal dunia.

Halaman

(rdp/ita)