137.698 Orang Positif Corona, Menkes Jerman: Wabah Terkendali

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 18:08 WIB
Sejumlah warga Jerman menikmati akhir pekan di Danau Phoenix, Dortmund.
 Padahal pemerintah Jerman telah meminta warganya menjaga jarak terkait virus corona.
Foto: Warga Jerman di tengah wabah Corona (AP/Markus Scholz)
Berlin -

Pemerintah Jerman mengklaim bahwa pandemi Corona (COVID-19) telah terkendali. Hal ini berkat sejumlah strategi yang dilakukan oleh Jerman.

Seperti dilansir AFP, Jumat (17/4/2020) kondisi pandemi Corona yang terkendali itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn.

Kondisi ini terjadi berkat strategi yang dipakai oleh pemerintah. Seperti imbauan tetap di rumah sejak Maret lalu dan upaya meningkatkan jumlah produksi masker.

"Jumlah infeksi telah menurun secara signifikan, terutama peningkatan relatif dari hari ke hari. Wabah hari ini telah terkendali," kata Jens Spahn kepada wartawan, Jumat (17/4).

Hingga Jumat (17/4) pagi waktu setempat, menurut data dari John Hopkins University, Jerman mencatat 137.698 kasus Corona dengan 4.052 kematian. Adapun jumlah pasien yang telah sembuh tercatat sebanyak 77 ribu orang.

Sebelumnya, pada hari Rabu (15/4) lalu, Kanselir Angela Merkel mengumumkan bahwa toko-toko kecil akan kembali dibuka mulai minggu depan. Sedangkan sekolah-sekolah di Jerman dibuka kembali mulai 4 Mei untuk murid-murid yang akan ujian.

Namun, elemen lain dari batasan luas ini akan tetap berlaku. Termasuk larangan pertemuan lebih dari dua orang di depan umum dan pada acara publik besar.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2