Lebih dari 4.000 Positif Corona di Malaysia, 1.487 Sembuh dan 65 Meninggal

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 12:20 WIB
Dari sejumlah negara yang terpapar wabah virus corona, Malaysia merupakan salah satu negara yang berhasil menekan angka kematian dan menambah angka kesembuhan.
Ilustrasi -- Petugas medis yang dikerahkan menghadapi ancaman virus Corona di Malaysia (AP Photo/Vincent Thian)
Kuala Lumpur -

Total kasus virus Corona (COVID-19) di Malaysia melampaui 4 ribu kasus, dengan adanya 156 kasus baru. Jumlah pasien yang sembuh juga semakin bertambah dan kini mencapai 1.487 orang.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Kamis (9/4/2020), Direktur Jenderal Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, dalam pengumumannya menyebut total 4.119 kasus virus Corona kini terkonfirmasi di wilayah Malaysia.

Sebanyak 2.567 orang masih menjalani perawatan medis. Dari jumlah itu, sebanyak 77 pasien menjalani perawatan di Unit Perawatan Intensif (ICU), dengan 45 pasien di antaranya membutuhkan ventilator.

Dr Noor Hisham juga melaporkan adanya dua kematian baru dalam sehari, yang menjadikan jumlah total korban meninggal kini mencapai 65 orang.

Korban meninggal ke-64 merupakan seorang wanita Malaysia berusia 58 tahun, dengan riwayat diabetes dan tekanan darah tinggi. Korban meninggal ke-65 merupakan seorang pria Pakistan berusia 69 tahun, yang menghadiri tablig di Masjid Jamek, Sri Petaling -- cluster penularan virus Corona terbesar di Malaysia.

Disebutkan Dr Noor Hisham bahwa dengan 65 orang meninggal dunia, maka angka kematian akibat virus Corona di Malaysia kini mencapai kurang dari 1,8 persen.

Dalam pengumumannya, Dr Noor Hisham juga menyebut adanya 166 pasien yang dipulangkan dari rumah sakit setelah dinyatakan sembuh dari virus Corona. Sejauh ini, total 1.487 pasien virus Corona di Malaysia telah dinyatakan sembuh.

Ini berarti, sebut Dr Noor Hisham, angka kesembuhan di Malaysia mencapai 36 persen dari total kasus.

Pemberlakuan lockdown atau perintah pengendalian pergerakan (MCO) di Malaysia telah memasuki hari ke-22. Warga masih diminta tetap di rumah dan pergerakan di tempat umum dibatasi ketat. MCO dijadwalkan akan berakhir pada 14 April, kecuali ada perpanjangan lagi.

Jalani Rapid Test, 154 Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia Negatif Corona:

(nvc/ita)