Cegah Virus Corona, Pemerintah Turki Bagikan Masker Gratis Tiap Minggu

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 16:06 WIB
Young woman wearing face mask because of air pollution in the city
ilustrasi (Foto: Istock)
Istanbul -

Pemerintah Turki telah mulai membagikan masker gratis untuk mencegah penyebaran virus Corona di negeri dengan populasi sekitar 82 juta jiwa itu.

Seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Rabu (8/4/2020), warga bisa mendaftar untuk mendapatkan masker gratis ini lewat situs dagang online milik kantor pos Turki, ePttAVM.com.

Sebelumnya, Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mengumumkan kewajiban pemakaian masker bagi warganya. Orang-orang tak bisa masuk ke toko dan pasar tanpa memakai masker.


Kementerian Kesehatan serta Kementerian Transportasi dan Infrastruktur telah memutuskan untuk bersama-sama membagikan masker gratis ini. Demikian menurut statemen di situs kantor pos Turki.

Disebutkan bahwa setiap warga negara, kecuali mereka yang berumur 20 tahun atau di bawahnya, dan usia 65 tahun atau di bawahnya, bisa mendaftar untuk mendapatkan lima masker gratis setiap minggu.

Saat ini, ada aturan jam malam sebagian di negeri itu untuk orang-orang berumur 20 tahun atau di bawahnya, dan usia 65 tahun atau di atasnya, untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Menurut data resmi yang dirilis pada Selasa (7/4) waktu setempat, Turki sejauh ini mencatat 34.109 kasus positif virus Corona dan 725 kematian. Turki menjadi negara kesembilan di dunia yang paling terdampak pandemi COVID-19.

Tonton juga video Video Ribuan Warga Tinggalkan Wuhan Usai Lockdown Dicabut:

(ita/ita)