Siapkan 300 Sukarelawan, Rusia Segera Uji Coba Vaksin Virus Corona

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 05:17 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Rusia -

Pusat Penelitian Rusia memastikan laboratoriumnya telah siap untuk uji coba vaksin virus Corona terhadap manusia. Vaksin tersebut rencananya akan diuji coba pada bulan Juni 2020 mendatang.

Seperti dilansir AFP, Rabu (8/4/2020), Kepala Pusat Penelitian Negara Virologi dan Bioteknologi Vector, Rinat Maksyutov mengusulkan uji klinis tahap pertama dari tiga vaksin dilakukan di fasilitasnya dari 29 Juni 2020. Dia menyebut uji coba dilakukan pada 180 orang sukarelawan.


"Kelompok-kelompok sukarelawan telah dibentuk, kami telah menerima lebih dari 300 aplikasi," kata Maksyutov kepada Putin seperti dikutip AFP.

Sejauh ini, Maksyutov mengatakan uji coba sedang dilakukan pada tikus, kelinci dan hewan lain untuk menentukan yang paling menjanjikan hingga 30 April 2020. Dia menyebut Vektor merencanakan studi pra-klinis lebih dulu sebelum meluncurkan pengujian pada manusia.

Menurutnya uji coba pada manusia sebenarnya bisa dilaksanakan pada bulan Mei. Namun dia menyebut itu harus mendapat izin dari Kementerian Kesehatan Rusia.

"Jika kementerian kesehatan mengizinkannya," ucapnya


Laboratorium Vektor memiliki teknologi platform vaksin yang telah diuji pada manusia untuk infeksi lain. Teknologi tersebut juga dapat digunakan untuk virus Corona.

Berdasarkan informasi, kompleks laboratorium Vektor telah melakukan penelitian senjata biologis rahasia di era Soviet dan menimbun virus mulai dari ebola hingga cacar.

Rusia pada hari Selasa lalu melaporkan 7.497 kasus virus korona dan 58 kematian. Jumlah infeksi di Rusia tersebut diyakini jauh lebih tinggi dari kenyataan.

(maa/maa)