Mantan Tentara Slovakia Dipenjara 23 Tahun karena Bunuh Wartawan

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 03:50 WIB
ilustrasi pembunuhan
Ilustrasi Pembunuhan (Foto: detik)
Jakarta -

Mantan tentara Slovakia, Miroslav Marcek dijatuhi hukuman 23 tahun penjara oleh Pengadilan Slovakia. Marcek menembak mati seorang wartawan yang mengungkap kasus korupsi tingkat tinggi yang menyebabkan partai yang tengah berkuasa terguling.

Dilansir dari AFP, Selasa (7/4/2020), seorang wartawan bernama Jan Kuciak dan tunangannya Martina Kusnirova ditembak mati di dalam rumah. Marcek diduga diperintah oleh pengusaha Slovakia yang tergabung dengan Marian Kocner yang saat itu kegiatan usahanya sedang diselidiki wartawan.

Pengadilan di Kota Barat Daya Pezinok memvonis hukuman penjara selama 37 tahun penjara kepada Marcek. Namun, hukuman lebih ringan daripada yang jatuhkan oleh jaksa karena dia mengaku bersalah.

"Putusan pengadilan itu menunjukkan bahwa penting untuk mengakui dan membantu mengungkap tidak hanya kejahatan kekerasan tetapi juga korupsi," kata Hakim Ruzena Sabova.

Menurut surat dakwaan, Kocner memutuskan untuk membunuh Jan Kuciak untuk mencegah pengungkapan lebih lanjut. Namun, Kocner mengaku tidak memerintahkan pembunuhan terhadap Kuciak.

Marcek juga harus memberikan sejumlah uang kepada orang tua Kuciak sebesar 140.000 euro dan 70.000 euro kepada keluarga Kusnirova.v

(fas/fas)