Dubes Filipina untuk Lebanon Meninggal karena Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 08:14 WIB
A tribute to Philippine Ambassador to Lebanon Bernardita L. Catalla was posted on the Embassys Facebook page. Philippine Embassy in Lebanon
Bernardita Catalla (Philippine Embassy in Lebanon via CNN)
Beirut -

Duta Besar (Dubes) Filipina untuk Lebanon, Bernardita Catalla, meninggal dunia akibat virus Corona (COVID-19). Catalla yang berusia 62 tahun ini meninggal dunia akibat komplikasi yang disebabkan virus Corona.

Seperti dilansir AFP dan Al Jazeera, Jumat (3/4/2020), Departemen Luar Negeri Filipina mengumumkan meninggalnya Catalla dalam pernyataan pada Kamis (2/4) waktu setempat. Disebutkan bahwa Catalla meninggal dunia di sebuah rumah sakit di ibu kota Beirut karena 'komplikasi yang disebabkan COVID-19'.

Catalla disebut telah mengabdi sebagai diplomat karier selama 27 tahun. Sebagai diplomat veteran, Catalla dikenal sebagai pembela hak-hak pekerja domestik Filipina di Lebanon.

"Bernie, demikian Dubes Catalla biasa dipanggil, selalu memberikan bantuan, untuk keluarganya, teman dan koleganya," demikian pernyataan Departemen Luar Negeri Filipina.

"Senyumnya yang selalu siap dan tawanya yang menular, mungkin telah padam, tapi dedikasinya bagi negara kita akan selalu ada sebagai cahaya penuntun bagi seluruh anggota dinas luar negeri Filipina," imbuh pernyataan tersebut.

Kematian Catalla menambah jumlah korban meninggal akibat virus Corona di Lebanon, menjadi 16 orang. Total 494 kasus virus Corona terkonfirmasi di negara ini.

(nvc/ita)