Penanganan Corona Tak Memuaskan, Menteri Kesehatan Kyrgyztan Dipecat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 16:28 WIB
Ilustrasi virus Corona
Foto: Foto: Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases
Jakarta -

Dua figur senior pemerintah Kyrgyzstan yang bertanggung jawab atas penanganan wabah virus corona, telah dipecat.

Pemecatan pada Rabu (1/4) tersebut terjadi setelah Presiden Sooronbay Jeenbekov mengkritik upaya keduanya dalam memerangi penyebaran virus corona.

Kedua figur yang dipecat tersebut adalah Menteri Kesehatan Kosmosbek Cholponbayev dan Wakil Perdana Menteri Altynai Omurbekova. Pemecatan keduanya diumumkan di situs resmi presiden seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (1/3/2020).

Sebelumnya pada Selasa (31/3) waktu setempat, Jeenbekov mengkritik kedua pejabat yang ikut memimpin satuan tugas melawan COVID-19 tersebut. Presiden menyebut upaya mereka tidak memuaskan dan telah menyebabkan penyakit mematikan itu terus menyebar.

Menurut Jeenbekov, satuan tugas yang dipimpin keduanya lamban dalam mengidentifikasi "lingkaran orang-orang" yang telah melakukan kontak dengan orang-orang yang hasil tesnya positif coronavirus.

Sejauh ini Kyrgyzstan telah mencatat 111 kasus infeksi virus corona dan tanpa kematian.

Kasus pertama di negara bekas Uni Soviet tersebut adalah orang yang telah pergi ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah umroh.

Kyrgyzstan yang berbatasan dengan China tersebut, merupakan negara pertama di dunia yang menerima pendanaan darurat dari Dana Moneter Internasional (IMF) sebagai imbas wabah virus corona.

bNaik Lagi, Kasus Positif Corona di RI Jadi 1.677 Orang:

(ita/ita)