Cegah Virus Corona, 18 Warga Malaysia Dikarantina Usai Pulang dari Indonesia

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 08:48 WIB
Otoritas kesehatan Malaysia melaporkan tambahan 110 kasus baru virus Corona di wilayahnya. Sejauh ini, total 900 kasus terkonfirmasi disana.
Ilustrasi (Rahman Roslan/Getty Images)
Kuala Lumpur -

Sedikitnya 18 warga Malaysia yang dipulangkan dari Indonesia, harus menjalani karantina selama 14 hari di tengah pandemi virus Corona. Terdapat 12 peserta tablig di Sulawesi di antara belasan warga Malaysia yang dipulangkan dari Indonesia ini.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Senin (30/3/2020), otoritas negara bagian Sabah di Malaysia awalnya memberikan izin kepada 23 warga Malaysia untuk pulang melalui wilayah Tawau. Namun hanya 18 orang yang tiba di Tawau dengan menumpang kapal dari Nunukan, Kalimantan.

Dituturkan Sekretaris Negara Bagian Sabah, Datuk Safar Untong, dalam pernyataan pada Minggu (29/3) waktu setempat, bahwa 18 warga Malaysia yang dipulangkan dari Indonesia itu semuanya dibawa ke pusat karantina di Tawau. Mereka akan menjalani karantina selama 14 hari di sana.

Lima warga Malaysia lainnya yang memutuskan tidak pulang ke negaranya, memilih untuk tetap tinggal di Nunukan hingga akhir pemberlakuan Perintah Pengendalian Pergerakan (MCO) pada 14 April mendatang. Kelima warga Malaysia itu terdiri atas tiga warga dewasa dan dua anak-anak.

Lebih lanjut, dituturkan Safar bahwa 23 warga Malaysia yang diberi izin untuk pulang itu terdiri atas 21 orang yang berasal dari Sabah dan dua orang lainnya dari negara bagian lain di Malaysia. Sebanyak 12 orang di antaranya hendak menghadiri tablig di Gowa, Sulawesi, yang telah dibatalkan.

Pekan lalu, 17 warga Malaysia lainnya yang juga hendak menghadiri tablig yang sama, juga dipulangkan dan harus dikarantina setibanya di Malaysia.

Angka Positif Corona Naik Terus, Yuri: Banyak Masyarakat Belum Isolasi:

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)