Cegah Penyebaran Corona, India Akan Hentikan Penerbangan Domestik

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 04:47 WIB
PM India Narendra Modi meminta warganya untuk mengisolasi diri selama 14 jam guna membatasi penyebaran Covid-19. Begini suasana di New Delhi, India.
Foto: Getty Images/Getty Images
Jakarta -

India akan menghentikan semua penerbangan penumpang domestik mulai Rabu (25/3) besok. Hal itu guna memerangi penyebaran virus korona yang mematikan, kata pemerintah.

Langkah itu diambil setelah penerbangan internasional juga ditangguhkan sementara sejak seminggu belakangan. Penghentian sementara penerbangan domestik itu dinilai akan melumpuhkan sektor penerbangan di India, yang mengangkut 144 juta penumpang pada tahun lalu.

"Pandemi melumpuhkan ekonomi global dan penerbangan, termasuk sektor penerbangan India yang pernah booming", kata Pengamat Penerbangan India Devesh Agarwal,dilansir dari AFP, Selasa (24/3/2020).

"Ini bukan pandemi jangka pendek dan prospek penerbangan India terlihat tragis," katanya kepada AFP.

Sebelumnya, sejumlah langkah telah diambil di India untuk menekan angka kasus terkait virus corona. Lebih dari 700 juta orang di 30 negara bagian dan telah berdiam diri secara total.

Penerbangan internasional yang masuk dilarang selama seminggu dan banyak negara bagian menyegel perbatasan darat mereka dan menghentikan bus antar negara.Pelabuhan laut dan sungai juga ditutup sejak Senin malam, kata kementerian dalam negeri, yang berarti bahwa semua lalu lintas penumpang yang masuk ke India sekarang dilarang.

Indian Railways - salah satu jaringan terbesar di dunia yang membawa lebih dari 20 juta penumpang setiap hari - membatalkan semua layanan kecuali kereta kota dan kereta barang. Layanan antar negara dan metro juga dihentikan.

Langkah-langkah itu disambut oleh World Health Organization (WHO), yang mengatakan mereka bisa "membantu memperlambat penularan virus bersama dengan langkah-langkah efektif yang terus diambil untuk mengisolasi, menguji, merawat dan melacak," kata WHO.

(eva/eva)