Nyaris 1.200 Orang Positif Corona di Malaysia, 4 Pasien Meninggal

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 17:00 WIB
Otoritas kesehatan Malaysia melaporkan tambahan 110 kasus baru virus Corona di wilayahnya. Sejauh ini, total 900 kasus terkonfirmasi disana.
Ilustrasi -- Petugas medis yang menangani pasien virus Corona di Malaysia (Rahman Roslan/Getty Images)
Kuala Lumpur -

Otoritas Malaysia melaporkan 153 kasus baru virus Corona di wilayahnya, dengan sebagian besar masih berkaitan dengan tablig akbar di masjid Sri Petaling yang menjadi pusat penularan terbesar di negara ini. Jumlah korban meninggal akibat virus Corona di negara ini bertambah menjadi empat orang.

Seperti dilansir Malay Mail, Sabtu (21/3/2020), Direktur Jenderal (Dirjen) Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia (MOH), Dr Noor Hisham Abdullah, mengumumkan 153 kasus baru terkonfirmasi dalam 24 jam terakhir. Lebih dari separuhnya disebut terkait tablig akbar di Sri Petaling.

"Dari 153 kasus positif baru, 90 kasus di antaranya dari cluster acara tablig," sebut Dr Noor Hisham.

Ini menjadi hari ke-7 di mana Malaysia melaporkan tiga digit kasus baru virus Corona. Secara total, kini Malaysia mengonfirmasi 1.183 kasus virus Corona di wilayahnya.

Tidak dijelaskan lebih lanjut soal kasus baru dari cluster tablig akbar tersebut. Diketahui bahwa tablig akbar itu digelar di Masjid Jamek di Sri Petaling pada 27 Februari hingga 1 Maret lalu. Dilaporkan nyaris 20 ribu orang dari berbagai negara menghadiri tablig akbar tersebut. Cluster tablig akbar itu diketahui menyumbang sebagian besar kasus virus Corona di Malaysia saat ini.

Dalam pernyataannya, Dr Noor Hisham juga mengumumkan dua kematian baru akibat virus Corona. Kedua korban meninggal yang semuanya warga negara Malaysia itu disebut masih berkaitan dengan tablig akbar yang sama.

"MOH dengan berat hati juga mengumumkan bahwa dalam 24 jam terakhir, ada dua kematian yang dilaporkan. Ini menjadikan jumlah total korban meninggal menjadi empat orang," tuturnya.

Rapid Test Juga Diterapkan ke Keluarga Pasien Corona: