WHO: Wabah Virus Corona Kini Menyebar Lebih Cepat di Luar China

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 16:07 WIB
Dinamai COVID-19, WHO Sebut Virus Corona Lebih Buruk dari Terorisme
Tedros Adhanom Ghebreyesus (ABC Australia)
Jenewa -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut virus corona saat ini menyebar lebih cepat di luar wilayah China. WHO menyebut untuk pertama kalinya pada pekan ini, jumlah kasus baru di negara-negara lain lebih banyak dibandingkan jumlah kasus baru di dalam China.

"Kemarin, jumlah kasus baru yang dilaporkan di luar China melebihi jumlah kasus baru di China untuk pertama kalinya," ucap Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, kepada para diplomat di Jenewa, Swiss, pada Rabu (26/2) waktu setempat dan dilansir AFP, Kamis (27/2/2020).

Pernyataan Tedros itu merujuk pada data jumlah kasus baru virus corona pada Selasa (25/2) waktu setempat. WHO diketahui menyebut ada 411 kasus baru di China dan 427 kasus baru di luar China pada Selasa (25/2) waktu setempat.

Pada Kamis (27/2) ini, otoritas China melaporkan adanya 433 kasus baru di wilayahnya. Sementara jumlah kasus baru di luar wilayah China -- lebih dari 40 negara -- dilaporkan sejauh ini melebihi angka 500 kasus.

Pemerintah berbagai negara tengah berjuang mencegah penyebaran virus corona, dengan lonjakan kasus dilaporkan terjadi di Italia, Iran dan Korea Selatan (Korsel).

Menurut data yang dilaporkan Channel News Asia, sejauh ini Italia mengonfirmasi 453 kasus dengan 12 orang meninggal, Iran mengonfirmasi 141 kasus dengan 22 orang meninggal dan Korsel mengonfirmasi 1.766 kasus dengan 13 orang meninggal.

Simak Video "Saudi Setop Umrah Gegara Virus Corona, Jokowi: Kita Hormati"

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya
Halaman
1 2