Misterius! 1 Pasien Corona di California Tak Diketahui Sumber Penularannya

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 15:08 WIB
Antisipasi penyebaran virus corona yang kini memiliki nama resmi Covid-19 terus dilakukan di China. Warga disemprot desinfektan untuk menangkal virus tersebut.
Seorang warga China disemprot disinfektan untuk mencegah wabah virus corona (Chinatopix Via AP)

Sementara itu, laporan CNN yang didasarkan pada sebuah surat dari staf medis kepada UC Davis Medical Center, menyebut bahwa saat pasien ini dipindahkan dari sebuah rumah sakit di California Utara pekan lalu, dibutuhkan pemeriksaan medis. Namun baik otoritas Sacramento County maupun Departemen Kesehatan Publik California tidak langsung melakukan pemeriksaan virus corona terhadap si pasien ini.

"Mengingat pasien ini tidak memenuhi kriteria CDC untuk Covid-19, tes tidak segera dilakukan. UC Davis Health tidak mengendalikan proses pemeriksaan," demikian bunyi surat tersebut.

Pihak CDC baru memerintahkan pemeriksaan medis terhadap pasien itu pada Minggu (23/2) waktu setempat dan hasilnya menyatakan pasien itu positif virus corona. CDC tengah menyelidiki kasus pasien ini sebagai 'dugaan pasien pertama yang terkena infeksi dari paparan di dalam masyarakat'.

Sejauh ini 60 kasus virus corona dikonfirmasi oleh otoritas AS. Selain pasien di California itu, terdapat 14 pasien lainnya yang positif corona usai kembali dari kunjungan ke China, kemudian tiga pasien yang positif corona usai dievakuasi dari Wuhan, lalu 42 pasien lainnya yang positif corona usai dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina Jepang.

Halaman

(nvc/ita)