UEA Setop Penerbangan ke Iran Akibat Virus Corona

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 04:36 WIB
People wear masks to help guard against the Coronavirus in downtown Tehran, Iran, Sunday, Feb. 23, 2020. On Sunday Irans health ministry raised the death toll from the new virus to 8 people in the country, amid concerns that clusters there, as well as in Italy and South Korea, could signal a serious new stage in its global spread. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Warga Iran memakai masker saat beraktivitas di tempat umum di tengah wabah virus corona (Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Dubai -

Uni Emirat Arab (UEA) mengeluarkan larangan penerbangan menuju Iran dan sebaliknya. Larangan terbang itu diberlakukan selama satu pekan.

"Semua pesawat penumpang dan kargo yang bepergian ke dan dari Iran akan ditangguhkan selama satu minggu, dan bisa diperpanjang," kata Otoritas Penerbangan Sipil Umum UEA seperti dilansir Aljazeera, Selasa (25/2/2020).

EUA selama ini menjadi rute transit internasional utama bagi 80 juta orang Iran. Larangan terbang itu dikeluarkan hanya beberapa jam setelah Bandara Internasional Dubai mengatakan akan ada pembatasan penerbangan di sana.

"Keputusan itu adalah tindakan pencegahan yang dilakukan oleh UEA untuk memastikan pemantauan ketat dan pencegahan penyebaran virus corona baru," lanjut pernyataan itu.

Pemerintah Iran mengonfirmasi sudah 12 orang meninggal dunia akibat virus corona di wilayahnya. Pemerintah menolak klaim seorang anggota parlemen dari kota Qom, yang menjadi pusat wabah ini di Iran, yang menyebut jumlah korban meninggal jauh lebih tinggi dari angka tersebut.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (25/2/2020), perbedaan laporan soal korban meninggal itu memicu pertanyaan soal transparansi pemerintah Iran terkait wabah virus corona di negara tersebut. Diketahui bahwa lima negara lainnya lebih awal melaporkan kasus pertama virus corona, dengan orang-orang yang terinfeksi semuanya memiliki keterkaitan dengan Iran, termasuk orang-orang yang bepergian langsung dari kota yang belum ada laporan virus corona.

Tonton video 12 Orang Terkonfirmasi Meninggal Akibat Virus Corona di Iran:

[Gambas:Video 20detik]

(abw/zap)