Anwar Ibrahim Mengaku Sempat Bujuk Mahathir Agar Tak Mengundurkan Diri

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 17:39 WIB
Mahathir Mohamad dan Anwar Ibrahim
Mahathir Mohamad dan Anwar Ibrahim (dok. Reuters)
Kuala Lumpur -

Politikus terkemuka Malaysia, Anwar Ibrahim, mengungkapkan bahwa dirinya sempat meminta kepada Mahathir Mohamad untuk tetap menjabat Perdana Menteri (PM) Malaysia saat mereka bertemu pada Senin (24/2) pagi waktu setempat.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Senin (24/2/2020), Anwar yang menjabat Ketua Partai Keadilan Rakyat (PKR), menuturkan bahwa dirinya mengajukan permintaan, atas nama PKR dan koalisi pemerintahan Pakatan Harapan (PH), agar Mahathir untuk tetap menjabat PM Malaysia, namun dia tidak mau.

"Saya meminta kepadanya, atas nama Keadilan (PKR-red) dan Pakatan, bahwa pengkhianatan ini bisa diatasi bersama-sama, tapi tentu saja dia memiliki pemikiran berbeda," ungkap Anwar kepada wartawan setempat di luar kantor PKR.

"Dia berpikiran bahwa dia tidak seharusnya diperlakukan seperti itu ... untuk mengasosiasikannya bekerja dengan orang-orang itu," imbuhnya.

Anwar diketahui mendatangi kediaman Mahathir pada Senin (24/2) pagi untuk membahas pergolakan politik di Malaysia. Dalam pertemuan itu, Mahathir mengutarakan niatnya untuk mundur dari jabatannya. Atau dengan kata lain, pertemuan itu digelar sebelum Mahathir mengumumkan pengunduran dirinya.

Saat ditanya lebih lanjut apakah Mahathir merasa bertanggung jawab atas pergolakan politik yang sedang berlangsung, Anwar menjawab bahwa Mahathir tidak seharusnya disalahkan. Lebih lanjut, Anwar menyebut nama Mahathir 'telah dimanfaatkan' oleh pihak-pihak tertentu.

"Namanya (Mahathir-red) dimanfaatkan, oleh orang-orang di dalam dan di luar partai saya, dia menekankan apa yang dikatakannya kepada saya sebelumnya, bahwa dia tidak memainkan peran di dalamnya," ucapnya.

"Dia sangat memperjelas bahwa dia tidak akan pernah bekerja dengan pihak-pihak yang terkait rezim masa lalu," imbuh Anwar.

Simak video Suhu Politik di Malaysia Memanas:

Selanjutnya
Halaman
1 2