International Updates

76 Ribu Orang Terinfeksi Corona, 2 Penumpang Kapal Pesiar Meninggal

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 18:42 WIB
Workers wearing protective gears spray disinfectant against the new coronavirus in front of a church in Daegu, South Korea, Thursday, Feb. 20, 2020. The mayor of the South Korean city of Daegu urged its 2.5 million people on Thursday to refrain from going outside as cases of the new virus spike. (Kim Jun-beom/Yonhap via AP)
Petugas dengan pakaian pelindung menyemprotkan disinfektan di kawasan kota Daegu, Korsel, di tengah lonjakan kasus virus corona (Kim Jun-beom/Yonhap via AP)

- 2 Penumpang Kapal Pesiar di Jepang Meninggal Akibat Virus Corona

Dua pasien virus corona di Jepang dilaporkan meninggal dunia. Keduanya diketahui terinfeksi virus corona saat berada di dalam kapal pesiar Diamond Princess yang sempat dikarantina di pelabuhan Yokohama.

Seperti dilansir AFP, Kamis (20/2/2020), kabar meninggalnya dua pasien dari kapal pesiar Diamond Princess ini dilaporkan oleh media nasional Jepang, NHK, yang mengutip sumber pemerintah Jepang. Ini menjadi kematian pertama dari kapal pesiar ini dan kematian kedua akibat virus corona di Jepang.

Laporan NHK menyebut dua pasien yang meninggal dunia pada Kamis (20/2) waktu setempat merupakan seorang kakek dan seorang nenek yang sama-sama berusia sekitar 80-an tahun. Identitas dan asal kewarganegaraan keduanya tidak disebut lebih lanjut. Belum ada penjelasan resmi dari otoritas Jepang terkait kedua pasien.

Keduanya dinyatakan positif terinfeksi virus corona saat berada di dalam kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama sejak awal Februari hingga Rabu (19/2) kemarin. Sejauh ini, total ada 621 kasus virus corona yang terkonfirmasi dari kapal pesiar yang membawa lebih dari 3.700 orang tersebut.

Kasus virus corona di kapal pesiar Diamond Princess menjadi kasus cluster virus corona terbesar kedua di luar China daratan yang menjadi pusat wabah ini.

- Korsel Laporkan Kematian Pertama Akibat Wabah Virus Corona

Otoritas Korea Selatan (Korsel) melaporkan kematian pertama akibat wabah virus corona di wilayahnya. Satu pasien yang positif terinfeksi virus corona dan dirawat di kota Cheongdo dinyatakan meninggal dunia pada Kamis (20/2) pagi waktu setempat.

Seperti dilaporkan kantor berita Korsel, Yonhap News Agency dan dilansir Associated Press, Kamis (20/2/2020), otoritas kesehatan Korsel mengonfirmasi meninggalnya satu pasien virus corona atau Covid-19 di wilayahnya.

Pasien yang tidak disebut identitas dan usianya ini, disebut tengah menjalani perawatan medis di sebuah rumah sakit di kota Cheongdo. Menurut otoritas kesehatan Korsel, satu pasien ini dinyatakan meninggal pada Kamis (20/2) pagi.

Otoritas kesehatan setempat menyebut pasien ini meninggal dunia akibat pneumonia.

Kematian pertama akibat virus corona ini disampaikan setelah otoritas Korsel mengumumkan adanya 53 kasus baru dalam sehari di wilayahnya. Dengan demikian, sejauh ini total 104 kasus virus corona yang terkonfirmasi di wilayah Korsel.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3