Cegah Corona, Rusia Larang WN China Masuk ke Wilayahnya Mulai 20 Februari

Indra Komara - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 03:19 WIB
foto mikroskopik virus corona
foto mikroskopik virus corona. (Foto: Getty Images)
Moscow -

Pemerintah Rusia akan melarang Warga Negara (WN) China masuk ke wilayahnya sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona. Kebijakan itu akan diberlakukan besok.

"Masuknya semua warga negara China melalui perbatasan negara Rusia akan diberlakukan mulai 20 Februari untuk perjalanan kerja, perjalanan pribadi, studi dan pariwisata," kata Wakil Perdana Menteri yang bertanggung jawab atas kesehatan, Tatiana Golikova, seperti dikutip AFP, Rabu (19/2/2020).



Dia mengatakan keputusan itu diambil karena memburuknya epidemi di China. Beberapa warga China yang mengunjungi Rusia biasanya sebagai turis atau menetap untuk bekerja atau belajar dan banyak transit melalui bandara Rusia dalam perjalanan ke Barat.

Rusia telah mengambil langkah drastis untuk menghentikan penyebaran wabah COVID-19 yang telah merenggut hampir 1.900 nyawa di China dan di seluruh dunia.

Sebelumnya, Rusia menyatakan menghentikan sementara perjalanan wisata para penerima fasilitas bebas visa dari dan ke China. Otoritas bilateral menyangkut pembebasan visa bagi kelompok-kelompok perjalanan wisata, yang disetujui pada tahun 2000, membekukan sementara fasilitas tersebut mulai 2 Februari, menurut ketetapan pemerintah.



Rusia melaporkan kasus pertama virus corona pada Jumat (31/1) dan melarang penerbangan langsung ke China, mitra dagang utama negara itu.

Militer Rusia mulai mengevakuasi para warga negara Rusia dari China terkait wabah tersebut.

(idn/fai)