1 Orang Positif Corona, Kamboja Lacak Penumpang yang Turun dari Kapal Pesiar

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 18:10 WIB
Passengers of the MS Westerdam, owned by Holland America Line disembark from the MS Westerdam, at the port of Sihanoukville, Cambodia, Saturday, Feb. 15, 2020. After being stranded at sea for two weeks because five ports refused to allow their cruise ship to dock, the passengers of the MS Westerdam were anything but sure their ordeal was finally over. (AP Photo/Heng Sinith)
Sebagian besar penumpang kapal pesiar MS Westerdam telah diperbolehkan turun di Kamboja (AP Photo/Heng Sinith)

Holland America, selaku operator kapal pesiar MS Westerdam, menyatakan pihaknya sedang dalam 'koordinasi erat' dengan otoritas Malaysia dan Kamboja, bersama para pakar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

"Perusahaan bekerja dengan otoritas kesehatan nasional untuk menyelidiki dan menindaklanjuti individu-individu yang mungkin melakukan kontak dengan tamu tersebut (yang positif virus corona)," tutur kepala medis pada kapal pesiar MS Westerdam, Dr Grant Tarling.

Sebanyak 233 penumpang dan 747 awak kini masih ada di dalam kapal pesiar MS Westerdam, yang masih berlabuh di Sihanoukville, Kamboja. Otoritas setempat sebelumnya mengizinkan para penumpang turun secara bertahap sesuai dengan jadwal penerbangan mereka, namun kini orang-orang yang masih ada di kapal menuturkan kepada AFP bahwa mereka tidak diizinkan turun.

Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Kesehatan Kamboja menyatakan pihaknya secara aktif mencari kasus-kasus 'suspect' virus corona. Otoritas Kamboja meminta publik untuk 'tidak terlalu khawatir'.

Para penumpang yang turun dari kapal pesiar itu diketahui telah berada di Phnom Penh untuk menunggu penerbangan pulang ke negara masing-masing.

Halaman

(nvc/dhn)