Presiden China: Situasi Virus Corona Saat Ini Masih Sangat Serius

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 12:59 WIB
Momen saat Xi Jinping mengunjungi pusat penanggulangan virus corona di Beijing
Foto: CCTV via CNN

Laporan terbaru Komisi Kesehatan Nasional China pada Selasa (11/2) waktu setempat menyatakan total 42.638 kasus virus corona terkonfirmasi di wilayah China daratan.

Jumlah itu belum termasuk 42 kasus di Hong Kong, 10 kasus di Macau dan 18 kasus di Taiwan. Lebih dari 390 kasus lainnya terkonfirmasi di lebih dari 20 negara lainnya. Dengan demikian, total kini 43.098 kasus virus corona terkonfirmasi secara global.

Sementara itu, jumlah korban tewas akibat virus corona dilaporkan mencapai 1.018 orang dengan sebagian besar kematian terjadi di wilayah China daratan. Dua orang di antaranya meninggal akibat virus corona di Hong Kong dan Filipina.

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) juga menyatakan dalam laporan harian terbaru mereka bahwa 108 orang meninggal akibat virus corona dalam 24 jam terakhir. Ini menandai untuk pertama kalinya jumlah korban tewas dalam satu hari di China mencapai angka tiga digit sejak virus yang berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei, ini muncul pada Desember tahun lalu.

Dari jumlah korban tewas terbaru itu, sekitar 103 kematian di antaranya terjadi di Provinsi Hubei yang menjadi pusat wabah virus corona. Kematian lainnya terjadi di wilayah Provinsi Heilongjiang, Anhui dan Henan, serta kota Tianjin dan Beijing.

Halaman

(ita/ita)