International Updates

Wuhan Mati-matian Perangi Corona, Pesawat Komersial Nyaris Kena Rudal Suriah

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 17:54 WIB
Rumah sakit dadakan di Wuhan.
Rumah sakit darurat untuk merawat pasien virus corona di Wuhan (Foto: Xinhua)
Jakarta -

Kota Wuhan yang menjadi asal virus corona di China mati-matian melakukan berbagai upaya untuk mengatasi wabah mematikan tersebut. Otoritas setempat berupaya memutus sumber infeksi melalui metode door-to-door atau mendatangi langsung setiap rumah untuk memastikan tidak ada warga yang terlewat dari pemeriksaan.

Seperti dilansir China Daily dan The Star, Jumat (7/2/2020), Wakil Perdana Menteri China, Sun Chunlan, menyerukan kepada pemerintah kota Wuhan untuk bertindak seperti saat dalam 'keadaan perang' dan menerapkan sepenuhnya seluruh langkah pencegahan dan pengendalian.

Sejauh ini, total 31.211 kasus virus corona terkonfirmasi di wilayah China daratan. Provinsi Hubei, dengan Wuhan sebagai ibu kotanya, menjadi wilayah dengan kasus virus corona paling banyak di China. Data terbaru hingga Kamis (6/2) waktu setempat menyebut total 22.112 kasus virus corona terkonfirmasi di Provinsi Hubei.

Sedikitnya 638 orang meninggal akibat virus corona secara global, dengan 636 orang meninggal di wilayah China daratan dan dua orang lainnya meninggal di Hong Kong dan Filipina. Dari jumlah itu, 618 orang meninggal di Provinsi Hubei.

Berikut lima berita internasional yang menarik perhatian pembaca hari ini:

- Kepala Polisi Muslim Pertama Dilantik di Kota Amerika Serikat Ini

Sebuah kota di negara bagian New Jersey, Amerika Serikat memiliki kepala polisi muslim pertama. Ibrahim "Mike" Baycora telah diambil sumpahnya sebagai kepala polisi ke-17 di kota Paterson dalam pelantikan yang digelar pada Selasa (4/2) waktu setempat.

Baycora diambil sumpahnya dengan tangan kirinya memegang Alquran dan tangan kanannya diangkat. Pelantikan itu digelar di balai kota setempat. Menurut kantor berita Turki, Anadolu Agency, Jumat (7/2/2020). Baycora yang berdarah Turki-Amerika itu menjadi kepala polisi Turki-Amerika pertama dalam sejarah Amerika Serikat.

Seremoni pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu nasional dan acara doa yang dihadiri para anggota masyarakat Turki di New York dan New Jersey, juga para pejabat senior pemerintah lokal dan keluarga serta kerabat Baycora.

Baycora telah mengabdi di kepolisian Paterson selama lebih dari 30 tahun.

Wali Kota Paterson, Andre Sayegh mengatakan bahwa Baycora merupakan kepala polisi Turki-Amerika pertama di Amerika Serikat. "Dia akan menjadi kepala polisi muslim pertama di kota Paterson," tutur Sayegh dalam seremoni tersebut.

- Saudi Larang Warganya ke China, Jika Melanggar Tak Akan Diizinkan Pulang

Pemerintah Arab Saudi melarang setiap warganya untuk bepergian ke China di tengah wabah virus corona yang merajalela. Bagi warga Saudi yang melanggar larangan itu, tidak akan diizinkan kembali ke negara kerajaan tersebut.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (7/2/2020), otoritas Saudi menyebut pemberlakuan larangan perjalanan ini merespons wabah coronavirus yang pertama kali muncul di kota Wuhan, China. Sejauh ini sudah 638 orang meninggal akibat virus corona di China, Hong Kong dan Filipina.

"Direktorat Jenderal Paspor mengumumkan penangguhan perjalanan untuk warga dan penduduk Saudi ke Republik Rakyat China," demikian bunyi pernyataan Direktorat Jenderal Paspor Saudi, seperti dibacakan secara on-air oleh kantor berita Saudi Press Agency (SPA).

Otoritas Saudi juga memperingatkan bahwa setiap warga Saudi yang melanggar larangan itu tidak akan diizinkan kembali ke Saudi nantinya.

"Dan jika ada bukti pelanggaran oleh setiap warga atau penduduk yang tidak mengungkapkan perjalanan mereka ke China, mereka tidak akan diizinkan kembali ke kerajaan," tegas Direktorat Jenderal Paspor Saudi dalam pernyataannya.

- Ngeri! Nyaris Terkena Rudal Suriah, Pesawat Komersial Mendarat Darurat

Sebuah pesawat komersial yang terbang dari Teheran, Iran menuju Damaskus, Suriah terpaksa melakukan pendaratan darurat di salah satu pangkalan militer di Suriah. Penyebabnya, pesawat penumpang ini nyaris terkena serangan rudal yang dilepas sistem pertahanan udara Suriah saat akan mendarat.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (7/2/2020), insiden itu diungkapkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan terbaru.

Pesawat penumpang jenis Airbus A320 yang membawa 172 penumpang itu mendarat darurat di Pangkalan Udara Khmeimim, yang dikuasai militer Rusia, di Latakia, Suriah pada Kamis (6/2) waktu setempat. Tidak disebut nama maskapai yang mengelola pesawat tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2