Pertama di Filipina, Seorang Wanita Asal Wuhan Positif Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 16:45 WIB
Virus corona yang menyebar di wilayah Wuhan, China, membuat sejumlah warganya terjangkit dan harus dievakuasi ke rumah sakit. Tim medis pun bantu evakuasi warga
Virus corona untuk pertama kali dikonfirmasi di wilayah Filipina (Chinatopix via AP)
Manila -

Otoritas Filipina untuk pertama kalinya mengonfirmasi kasus virus corona di wilayahnya. Satu pasien yang berasal dari China kini tengah dikarantina di Filipina.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Kamis (30/1/2020), satu pasien virus corona ini merupakan seorang wanita asal China berusia 38 tahun. Wanita ini tiba dari Wuhan -- tempat asal wabah virus corona -- pada 21 Januari lalu.

Dia diketahui bepergian ke Filipina via Hong Kong. Pada 25 Januari lalu, pasien ini berobat ke sebuah rumah sakit di Filipina karena mengalami batuk-batuk.

Menteri Kesehatan Filipina, Francisco Duque, dalam konferensi pers mengungkapkan bahwa wanita ini dinyatakan positif virus corona pada Kamis (30/1) waktu setempat setelah menjalani pemeriksaan medis di Filipina.

Disebutkan juga oleh Duque bahwa pasien asal China ini tidak menunjukkan gejala-gejala virus corona saat ini, namun hasil pemeriksaannya positif.

Duque menyatakan pasien ini sedang dirawat dan dikarantina di salah satu rumah sakit pemerintah.

Virus corona baru atau 2019-nCoV yang pertama kali muncul di kota Wuhan, dilaporkan telah menewaskan 170 orang di berbagai wilayah China. Sejauh ini, tercatat ada total 7.711 kasus virus corona terkonfirmasi di berbagai wilayah China daratan. Puluhan kasus lainnya terkonfirmasi di belasan negara.

Simak Video "Ramai-ramai Hentikan Penerbangan ke China Gegara Virus Corona"

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)