Australia Konfirmasi 4 Kasus Virus Corona di Melbourne dan Sydney

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 17:23 WIB
Empat orang yang positif terinfeksi virus corona di Australia baru saja mengunjungi China (AP Photo)

Chant menambahkan bahwa pihaknya masih melacak orang-orang yang satu penerbangan dengan satu pasien lainnya dan menunggu hasil pemeriksaan dari beberapa orang yang menjadi suspect virus corona.

Menteri Kesehatan News South Wales, Brad Hazzard, memuji tiga pasien di Sydney yang secara sukarela mendatangi dokter begitu merasakan gejala-gejala virus corona. Otoritas di Queensland menyatakan lima orang lainnya telah dinyatakan negatif virus corona setelah sempat diduga terinfeksi.

Virus corona baru atau 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) berasal dari sebuah pasar hewan di kota Wuhan, di mana hewan-hewan eksotik dan daging hewan liar diperdagangkan. Virus ini juga disebut sebagai virus corona Wuhan. Virus ini telah menyebar ke sebanyak 30 provinsi, wilayah otonomi dan kotapraja di China, juga menyebar ke belasan negara, termasuk Amerika Serikat (AS).

Virus corona asal Wuhan ini bisa menyebabkan pneumonia, yang dalam beberapa kasus berdampak mematikan bagi penderitanya. Gejala virus corona baru antara lain demam, kesulitan bernapas dan batuk-batuk. Pada Sabtu (25/1) waktu setempat, otoritas China mengumumkan bahwa virus corona telah menginfeksi 1.287 orang, dengan sebagian besar pasien ada di Provinsi Hubei -- lokasi kota Wuhan. Jumlah korban tewas kini mencapai 41 orang.

Laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kebanyakan korban yang tewas akibat virus corona ini merupakan warga yang sudah lanjut usia, yang sebagian besar memiliki penyakit lain sebelumnya.

Halaman

(nvc/hri)