Gempuran Rusia Tewaskan 7 Warga Sipil Termasuk 5 Anak di Suriah

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 17:05 WIB
Dampak serangan udara di Aleppo, Suriah pada Senin (20/1) waktu setempat (AP Photo/Ghaith Alsayed)
Damaskus - Sedikitnya tujuh warga sipil tewas akibat serangan udara yang dilancarkan Rusia, sekutu rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, di wilayah Aleppo, Suriah. Lima korban tewas di antaranya masih anak-anak.

Dituturkan kelompok pemantau konflik, Syrian Observatory for Human Rights, seperti dilansir AFP, Selasa (21/1/2020), bahwa serangan udara itu tetap dilancarkan meskipun Rusia menyatakan gencatan senjata dalam operasi militer di Suriah.

Gempuran militer Rusia itu mengenai beberapa desa yang dikuasai militan dan pemberontak Suriah di pinggiran Provinsi Aleppo pada Senin (20/1) waktu setempat.


Laporan Syrian Observatory menyebut tiga anak perempuan tewas di desa Kfar Taal akibat gempuran udara itu. Empat warga sipil lainnya, termasuk dua anak-anak lainnya, tewas dalam gempuran udara terpisah di beberapa desa lainnya di wilayah yang sama.

Diketahui bahwa wilayah Idlib dan sebagian wilayah Aleppo, Hama dan Latakia masih dikuasai oleh militan setempat, Hayat Tahir al-Sham, yang masih terkait bekas afiliasi Al-Qaeda di Suriah.

Wilayah Suriah bagian barat laut terus digempur via udara oleh rezim Assad dan sekutunya dalam beberapa pekan terakhir. Akibatnya, puluhan ribu warga kehilangan tempat tinggal.

Simak Video "Cuaca Dingin Ekstrem, Apartemen di Rusia Nyaris Beku"


Selanjutnya
Halaman
1 2