Teater Dikepung Massa, Presiden Prancis Macron Dievakuasi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 02:13 WIB
Foto: Emmanuel Macron (DW (News))
Paris - Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istrinya dilarikan saat berada di teater di Paris. Ini setelah massa demonstran mencoba meringsek dan mengganggu pertunjukan.

Dikutip dari AFP, Minggu (19/1/2020), polisi anti huru-hara bergerak ketika puluhan orang menggelar demonstrasi di luar teater di mana Macron dan Brigitte tengah menonton 'The Fly' pada Jumat malam. Staf kepresidenan mengatakan sekitar 30 orang pengunjuk rasa mencoba memasuki gedung teater Bouffes du Bord setelah sejumlah penonton mencuitkan kehadiran Macron.


Macron dan istri lalu 'diamankan' beberapa menit sebelum kembali ke tempat duduk mereka untuk menyelesaikan kelanjutan pertunjukan itu.

Polisi mengatakan mereka mencegah pengunjuk rasa memasuki teater di distrik 10 Paris yang terletak beberapa kilometer dari kediaman presiden, Istana Elysee.


Macron yang beberapa kali keluar untuk menikmati makan malam atau sekadar bermain di ibu kota Prancis akhirnya meninggalkan teater dikawal polisi.

"Semua bersama-sama," teriak massa saat bentrokan dengan polisi anti huru-hara yang berlangsung sekitar 1 jam itu.

Demonstrasi ini terkait reformasi pensiun yang diusulkan pemerintahan Macron. Meski tengah mereda, aksi ini sempat menimbulkan gangguan transportasi. (gbr/jef)