Warga Iran Nilai Khamenei Tak Anggap Penting Korban Tragedi Pesawat Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 17:41 WIB
Ayatollah Ali Khamenei saat memberikan ceramah saat salat Jumat di Teheran pada Jumat (17/1) waktu setempat (Office of the Iranian Supreme Leader via AP)

Seorang warga Iran lainnya dalam komentar via aplikasi messenger Telegram kepada AFP, menyebut Khamenei "mengatakan dengan terus terang... 'mereka yang tewas, baik di daratan atau di udara, tidak penting bagi saya'".

Dalam pernyataannya, Khamenei juga bersikeras menyebut unjuk rasa memprotes insiden salah tembak pesawat maskapai Ukraina, yang berlangsung beberapa hari, tidak mewakili rakyat Iran pada umumnya.

"Ketika dia mengatakan orang-orang ini bukanlah bagian dari kita, itu memperdalam perpecahan di antara rakyat dan memperluas jarak antara rakyat dan pemerintah," sebut seorang seniman berusia 24 tahun di Teheran, yang juga enggan disebut namanya, kepada AFP.

"Dan hal itu membuat seseorang seperti saya, yang tidak dekat dengan rezim, mengupayakan perubahan jauh lebih agresif," imbuhnya.


Salah satu warga Iran lainnya memberikan komentar via Twitter yang berbunyi: "Mengabaikan demonstran dan mengurangi jumlah mereka menjadi ratusan orang dibandingkan pemakaman Qasem Soleimani merupakan perspektif dari rezim (Iran-red)."

Diketahui bahwa dalam pernyataannya, Khamenei membandingkan demonstran di Teheran yang memprotes pemerintah Iran dan dirinya beberapa hari lalu, dengan kehadiran nyaris satu juta warga Iran yang turun ke jalanan untuk melayat pemakaman Soleimani.

"Tidak ada yang baru, hanya slogan, slogan dan slogan. Dia bahkan tidak menyatakan masa mengheningkan cipta selama satu menit untuk para korban kecelakaan pesawat," sebut seorang wanita Iran berusia 35 tahun kepada AFP.
Halaman

(nvc/idn)