Pidato Mengutip Tokoh Nazi, Menteri Brasil Dipecat

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 17:30 WIB
Roberto Alvim dalam foto pada Oktober 2019 (AP Photo/Eraldo Peres, File)
Brasilia - Menteri Kebudayaan Brasil, Roberto Alvim, dipecat dari jabatannya setelah kedapatan mengutip kata-kata Menteri Propaganda Nazi, Joseph Goebbels, dalam pidatonya. Alvim dipecat oleh Presiden Jair Bolsonaro meskipun telah meminta maaf ke publik.

Seperti dilansir CNN dan Associated Press, Sabtu (18/1/2020, kantor kepresidenan Brasil mengumumkan pemecatan Alvim dalam pernyataan pada Jumat (17/1) waktu setempat. Pengumuman itu menjelaskan bahwa Alvim tidak bisa tetap menjabat sebagai Menteri Kebudayaan meskipun dia telah menyampaikan permintaan maaf.

"Pernyataan yang sangat disayangkan, meskipun dia telah meminta maaf, hal itu membuat dia tidak bisa tetap menjabat," demikian pernyataan kantor kepresidenan Brasil.

"Saya menegaskan penolakan terhadap ideologi-ideologi totaliter dan genosidal, juga kiasan-kiasannya," tegas Bolsonaro dalam pernyataannya. "Kami juga menyatakan dukungan penuh dan tak terbatas bagi komunitas Yahudi, yang merupakan teman kami dan berbagi nilai-nilai yang sama," imbuh pernyataan itu.


Pidato Alvim yang kontroversial itu disampaikan dalam sebuah video yang diposting via Twitter pada Kamis (16/1) waktu setempat. Video itu kini telah dihapus. Dalam pidatonya, Alvim mengumumkan penghargaan nasional untuk seni dan mencetuskan agar seni di Brasil memiliki tema nasionalis.

"Seni Brasil dalam dekade selanjutnya akan heroik dan akan menjadi nasional, seni itu akan diselimuti kapasitas besar untuk keterlibatan emosional dan juga akan sangat penting karena akan sangat terkait dengan aspirasi mendesak dari rakyat kita, atau itu akan sia-sia," ucap Alvim dalam pidatonya tersebut.



Tonton juga video Polisi Italia Gerebek Gudang neo-Nazi, Rudal Hingga Senjata Disita:


Selanjutnya
Halaman
1 2