Militer AS Juga Serang Komandan Senior Iran di Yaman Tapi Gagal

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 12:37 WIB
Ilustrasi (Reuters)
Washington DC - Pasukan militer Amerika Serikat (AS) dilaporkan melancarkan serangan udara terhadap seorang komandan senior Iran lainnya di Yaman, namun gagal. Serangan ini dilancarkan pada hari yang sama saat Komandan Pasukan Quds pada Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani, tewas dalam serangan drone AS di Irak.

Seperti dilansir Press TV dan Associated Press, Senin (13/1/2020), laporan soal serangan udara terhadap satu jenderal Iran lainnya ini diungkapkan oleh sejumlah pejabat AS yang enggan disebut namanya. Media terkemuka AS, The Washington Post, menjadi yang pertama melaporkan hal ini.

Disebutkan sumber-sumber pejabat AS bahwa serangan udara oleh pasukan operasi khusus menargetkan Abdul Reza Shahlai, salah satu komandan senior pada Garda Revolusi Iran, dilancarkan di wilayah Yaman, pada Jumat (3/1) lalu.


AS mengidentifikasi Shahlai sebagai 'komandan militer top bagi Pasukan Quds Iran' yang berbasis di Yaman dan secara aktif membantu pasukan Yaman melawan operasi militer yang dipimpin Arab Saudi dan didukung AS.

Sumber pejabat AS menyebut serangan udara terhadap Shahlai itu gagal atau tidak berhasil seperti serangan terhadap Soleimani di Irak. Namun tidak disebutkan lebih lanjut soal bagaimana serangan udara itu bisa gagal.

Menurut sumber-sumber pejabat AS itu, baik Soleimani maupun Shahlai masuk daftar target serangan militer yang disetujui otoritas AS. Associated Press menyebut hal ini mengindikasikan upaya secara sengaja dari AS untuk melemahkan kepemimpinan Pasukan Quds Iran, yang telah ditetapkan sebagai organisasi teror oleh AS.

Simak Video Berikut "Berita Dunia: Kematian Jenderal Iran, Picu Perang Dunia III?"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2