Taal Volcano di Filipina Lontarkan Abu hingga 15 Km, Bandara Ditutup

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 09:11 WIB
Foto: Gunung api Taal di Filipina (AFP)
Manila - Pemerintah Filipina mengeluarkan peringatan letusan eksplosif dari gunung berapi di sisi selatan Manila. Gunung api Taal (Taal Volcano) itu telah melontarkan abu hingga menghentikan aktivitas penerbangan di bandara.

Dilansir dari AFP, Senin (13/1/2020), Gunung berapi Taal merupakan objek wisata populer yang terletak di tengah danau. Gunung ini telah memuntahkan abu, mengeluarkan gemuruh serta gempa bumi dan meledak dengan kilat di atas puncaknya.



Ribuan orang yang tinggal di dekatnya telah dievakuasi dari rumah mereka. Namun, ada penduduk lainnya yang masih mempertimbangkan apakah akan melarikan diri atau tidak.

"Letusan berbahaya bisa terjadi dalam beberapa jam hingga berhari-hari," kata badan seismologi negara itu.

"Saya khawatir itu akan meletus ... tetapi saya akan membiarkannya takdir. Saya hanya harus berdoa," kata salah satu pegawai hotel dekat gunung berapi, Eduardo Carino.

Taal Volcano sempat mengeluarkan awan abu mencapai 50.000 kaki (15.000 meter) ke atmosfer. Pejabat penerbangan memerintahkan penangguhan penerbangan ke dan dari Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA) di ibu Kota.

Pihak berwenang awalnya menghentikan operasi di NAIA selama beberapa jam. Tetapi pada hari Minggu, pihak berwenang mengumumkan penerbangan akan ditangguhkan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) mengutip ancaman terhadap pesawat dari fragmen balistik. Sekretaris transportasi Arthur Tugade juga telah menginstruksikan pejabat penerbangan untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk kepentingan keselamatan publik.
Selanjutnya
Halaman
1 2