ADVERTISEMENT

Dubes Inggris Bantah Dirinya Terlibat Demo Soal Pesawat Ukraina di Iran

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 12 Jan 2020 16:47 WIB
Foto: Puing-puing pesawat Ukraina yang ditembak Iran (AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Jakarta - Duta Besar Inggris untuk Teheran, Iran, Rob Macaire sempat ditahan lantaran diduga terlibat dalam demonstrasi di Iran. Demonstrasi itu pecah sebagai peringatan untuk 176 orang yang terbunuh ketika sebuah pesawat Ukraina yang dirudal oleh Iran.

Sebagaimana dilansir AFP, Minggu (12/1/2020), Dubes Inggris Rob Macaire memang sempat ditahan oleh posisi Iran lantaran diduga ikut dalam demonstrasi. Namun, melalui akun Twitternya, Rob memberikan penjelasan.

"Dapat saya konfirmasi bahwa saya tidak ikut serta dalam demonstrasi apa pun! Pergi ke sebuah acara yang diiklankan sebagai peringatan bagi para korban tragedi #PS752," kata Rob melalui akun Twitternya, beberapa saat setelah ia dibebaskan.



Sebelumnya, Pemerintah Inggris sudah memprotes penangkapan Dubesnya itu. Inggris menilai Iran melanggar hukum internasional atas penangkapan dubesnya.

"Penangkapan duta besar kami di Teheran tanpa alasan atau penjelasan adalah pelanggaran mencolok hukum internasional," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Dominic Raab seperti dilansir Associated Press, Minggu (12/1).


Simak Video "Penembakan Pesawat Ukraina, Jenderal Iran Ingin Mati"

[Gambas:Video 20detik]


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT