Kelompok Bersenjata Serang Desa di Nigeria, 12 Orang Tewas

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 04:27 WIB
Ilustrasi penembakan (Foto: AFP)
Jos - Sejumlah pria bersenjata menyerang desa di wilayah Nigeria. Serangan itu menewaskan 12 orang.

Dilansir dari AFP, Jumat (10/1/2020), penyerang diduga sebagai penggembala dan menyerang warga desa Kulben di negara bagian Plateau pada Rabu malam waktu setempat.



Pihak berwajib mengatakan serangan itu menewaskan 12 orang dan satu orang terluka parah. Namun, penduduk setempat mengatakan 19 orang telah meninggal.

Negara bagian dataran tinggi adalah bagian dari apa yang disebut sabuk tengah Nigeria. Wilayah ini membagi sebagian besar Muslim di utara dan orang-orang selatan yang mayoritas beragama Kristen.

Bentrokan mematikan antara penggembala Fulani dan petani atas tanah, penggembalaan dan air telah mengganggu daerah itu selama bertahun-tahun.



Kelompok bantuan Mercy Corps mengatakan pada Mei tahun lalu kekerasan antara petani dan penggembala di Nigeria telah menyumbang lebih dari 7.000 kematian dalam lima tahun terakhir.

Serangan di daerah-daerah terpencil seringkali tidak dilaporkan. Pihak berwenang di negara bagian Plateau bersikeras bahwa pertumpahan darah telah menurun setelah upaya rekonsiliasi antara masyarakat. (haf/haf)