Jatuh di Iran, Mesin Pesawat Boeing 737 Terbakar Usai Lepas Landas

Indah Mutiara Kami - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 13:34 WIB
Pesawat Ukraina Jatuh di Iran (Foto: AP Photo/Mohammad Nasiri)
Teheran - Pesawat Ukraine International Airlines jenis Boeing 737-800 jatuh di Iran tak lama setelah lepas landas. Salah satu mesin pesawat terbakar.

Seperti dilansir AP, Rabu (8/1/2020), Juru Bicara Otoritas Jalan dan Transportasi Iran, Qassem Biniaz mengatakan kebakaran terjadi di salah satu mesin setelah pesawat itu lepas landas dari Bandara Imam Khomeini, Teheran. Demikian dikutip dari kantor berita IRNA.


Pilot pesawat itu lalu kehilangan kendali sehingga pesawat jatuh. Data terbaru menyebutkan bahwa pesawat itu membawa 167 penumpang dan 9 awak kabin dari berbagai negara. Sebelumnya, kantor berita Iran menyebut bahwa pesawat membawa 180 orang.

Pesawat Ukraina jatuh di Iran / Foto: AP Photo/Mohammad NasiriPesawat Ukraina jatuh di Iran / Foto: AP Photo/Mohammad Nasiri Foto: AP Photo/Mohammad Nasiri


Kementerian Luar Negeri Ukraina memastikan bahwa seluruh penumpang tewas dalam kecelakaan ini. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, menyampaikan rasa duka cita kepada keluarga korban.

Di lokasi, puing-puing pesawat tampak tersebar di ladang pertanian. Jenazah penumpang tampak tergeletak di antara potongan pesawat. Tim penyelamat berteriak di tengah suara bising helikopter yang lalu lalang.



Sebelumnya diberitakan, pesawat Boeing 737 ini jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Imam Khomeini di Teheran untuk menuju Kiev, Ukraina. Belum ada keterangan dari maskapai terkait insiden ini. Televisi nasional Iran menyatakan bahwa kecelakaan itu akibat masalah teknis.

Belum ada keterangan dari maskapai terkait insiden ini. Juru bicara Boeing menyatakan bahwa mereka telah mengetahui laporan media terkait peristiwa di Iran dan masih mengumpulkan informasi lebih lanjut. (imk/imk)